MANAJEMEN STRATEGI DALAM UPAYA PENGEMBANGAN KINERJA LABORATORIUM ZAKAT DAN WAKAF (STUDI KASUS LABORATORIUM PONDOK ZAKAT DAN WAKAF, PROGRAM STUDI MANAJEMEN ZAKAT DAN WAKAF, FEBI UIN PROF. K.H. SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO)

Pramudita Hesti, Pratiwi (2023) MANAJEMEN STRATEGI DALAM UPAYA PENGEMBANGAN KINERJA LABORATORIUM ZAKAT DAN WAKAF (STUDI KASUS LABORATORIUM PONDOK ZAKAT DAN WAKAF, PROGRAM STUDI MANAJEMEN ZAKAT DAN WAKAF, FEBI UIN PROF. K.H. SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Siauffin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Pramudita Hesti Pratiwi_Manajemen Strategis dalam Upaya Pengembangan Kinerja Laboratorium Zakat dan Wakaf.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja manajemen laboratorium Pondok Zakat dan Wakaf sebagai penunjang pengambangan praktik dari pembelajaran ilmu yang diperoleh di perkuliahan terkait filantropi Islam. Laboratorium ini didirikan sebagai tempat praktik mahasiswa dalam mengimplementasikan teori zakat, infak, sedekah, dan wakaf di perkuliahan. Pelaksanaan tugas yang sudah tergolong dan sistematis, namun masih memiliki kendala-kendala sehingga proses kegiatan manajemen masih belum optimal. Untuk menganalisis dan merumuskan strategi, membutuhkan analisis strategis sebagai saran dari peneliti kepada pengelola dari faktor-faktor yang dimiliki oleh laboratorium Pondok Zakat dan Wakaf. Penelitian ini menggunaan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan teori Miles dan Huberman yaitu mereduksi data, menyajikan, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian dalam manajemen laboratorium Pondok Zakat dan Wakaf yaitu meliputi praktik manajemen laboratorium Pondok Zakat dan Wakaf baik dari perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan yang meliputi kelembagaan, fundraising, serta pendistrisbuan dan pendayagunaan dana yang dihimpun. Kegiatan tersebut sudah dikatakan cukup baik, namun masih memiliki beberapa kendala yang harus diselesaikan dan dibenahi. Langkah untuk mengembangkan kinerja manajemen laboratorium Pondok Zakat dan Wakaf yaitu dengan menggunakan analisis SWOT untuk melihat kekuatan, kelemahan, peluang, dan tantangan sehingga dapat diterapkan rencana strategis seperti kemampuan SDM, pembuatan SOP khusus, memaksimalkan program dan komunikasi, serta melakukan analisis lembaga dan SDM terkait.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Strategi, Laboratorium, Analisis SWOT, Manajemen Zakat dan Wakaf
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.54 Zakat
2x4. Fiqih > 2x4.1 Ibadah > 2x4.14 Zakat
300 Social sciences > 330 Economics > 335 Socialism and related systems
300 Social sciences > 360 Social services; association > 363 Other social problems and services
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Pramudita Hesti Pratiwi
Date Deposited: 17 Jul 2023 06:32
Last Modified: 17 Jul 2023 06:32
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20233

Actions (login required)

View Item View Item