PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS DIGITAL DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KAMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA

QURROTA, A'YUN A'YUNINA (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS DIGITAL DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KAMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
QURROTA A'YUN A'YUNINA_1917407016_SKRIPSI.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas dan kevalidan media pembelajaran digital dengan pendekatan kontekstual untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas X MAN 2 Wonosobo. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian R&D (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Developmemt, Implementation and Evalution). Populasi dalam penelitian ini yaitu kelas X4 (kelas uji coba), X5 (kelas kontrol) dan X6 (kelas eksperimen) dengan jumlah 99 siswa. Hasil validasi ahli materi dan pendekatan kontekstual 77,46% dengan kriteria valid dan ahli media sebesar 84% dengan kriteria valid. Respon terhadap produk pada kriteria menarik, yakni kelompok kecil 87%, kelompok eskperimen 84% dan guru sebesar 83%. Adapun tafsiran N-Gain yang diperoleh kelas eksperimen 84% dan tafsiran N-Gain yang diperoleh kelas Kontrol 52%. Rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas eksperimen lebih efektif dari siswa kelas kontrol. Hal ini ditunjukkan dengan hasil uji independen sample test yakni Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 dan rata-rata skor N-Gain kelas eksperimen (0,84) > kelas kontrol (0,52)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Pemecahan Masalah, Media Pembelajaran, Kontekstual
Subjects: 000 Generalities > 001 Knowledge > 001.4 Riset
000 Generalities > 004 Data processing Computer science
600 Technology (Applied sciences) > 607 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: QURROTA A'YUN A'YUNINA
Date Deposited: 17 Jul 2023 06:27
Last Modified: 17 Jul 2023 06:27
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20227

Actions (login required)

View Item View Item