NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM TRADISI MITONI DI DESA PAGOJENGAN KECAMATAN PAGUYANGAN KABUPATEN BREBES

Moh. Fahmi, Irzani (2023) NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM TRADISI MITONI DI DESA PAGOJENGAN KECAMATAN PAGUYANGAN KABUPATEN BREBES. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Moh. Fahmi Irzani_Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Tradisi Mitoni Di Desa Pagojengan Kecamatan Paguyangan Kabupaten Brebes.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Di Desa Pagojengan Kecamatan Paguyangan Kabupaten Brebes, mitoni dilaksanakan oleh sebagian besar masyarakat. Namun demikian, unsur-unsur yang terdapat dalam prosesi mitoni menurut tradisi Jawa telah banyak dihilangkan. Tradisi mitoni di Desa Pagojengan secara umum telah cenderung mengarah pada nuansa ibadah yang mengandung ajaran dan nilai-nilai Islam. Penelitian bertujuan untuk mengetahui dasar dilaksanakannya mitoni, proses pelaksanaan tradisi mitoni dan nilai-nilai pendidikan Islam dalam tradisi mitoni di Desa Pagojengan Kecamatan Paguyangan Kabupaten Brebes. Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah apa yang mendasari masyarakat dalam melaksanakan tradisi mitoni, bagaimanakah proses pelaksanaan tradisi mitoni, dan nilai-nilai pendidikan Islam apakah yang terkandung dalam pelaksanaan tradisi mitoni di Desa Pagojengan Kecamatan Paguyangan Kabupaten Brebes. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan desain studi kasus terpancang tunggal. Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi, wawancara, dan observasi. Analisis data dilakukan dengan analisis model atau interaktif model of analisyis. Mekanisme analisis interaktif pada dasarnya melibatkan tiga komponen utama analisis, yaitu reduksi data, sajian data, dan kesimpulan. Keterkaitan ketiga komponen dilaksanakan secara interaktif yang bersifat siklus. Dengan demikian, apabila kesimpulan yang dihasilkan dari analisis dipandang kurang akurat atau belum tepat, maka peneliti kembali ke lokasi penelitian untuk mengumpulkan data dan melaksanakan analisis sehingga diperoleh hasil kesimpulan yang lengkap dan akurat. Validitas data digunakan meliputi triangulasi sumber, triangulasi metode, dan review informan. Hasil penelitian menunjukan: (1) Dasar pelaksanaannya tradisi mitoni oleh masyarakat Desa Pagojengan Kecamatan Paguyangan Kabupaten Brebes adalah tradisi budaya Jawa yang terkait dengan upacaran selametan pada usia kandungan tujuh bulan dan hadits Rasulullah SAW. tentang proses perkembangan kejadian manusia di dalam kandungan. (2) Pelaksanaan tradisi mitoni di Desa Pagojengan Kecamatan Paguyangan Kabupaten Brebes cenderung lebih bernuansa ibadah dan Islami serta telah meninggalkan berbagai tahapan-tahapan dan rangkaian-rangkaian ritual mitoni yang mengarah pada perbuatan syirik. (3) Nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam pelaksanaan tradisi mitoni di masyarakat Desa Pagojengan Kecamatan Paguyangan Kabupaten Brebes antara lain adalah iman, ihsan, taqwa, tawakal, ikhlas, syukur, silaturrahmi dan shodaqoh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Nilai-nilai pendidikan Islam, tradisi mitoni
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.07 Pendidikan, Pelatihan, Riset Al Qur'an
2x2 Hadits dan Ilmu Yang Berkaitan > 2x2.3 Kumpulan Hadits Bidang Tertentu
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam > 2x6.13 Interaksi Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mohammad Fahmi Irzani sdr
Date Deposited: 18 Jul 2023 02:49
Last Modified: 18 Jul 2023 02:49
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20218

Actions (login required)

View Item View Item