PENERAPAN METODE HANIFIDA DALAM MENGHAFAL ASMAUL HUSNA DI MADRASAH DINIYAH AN-NAJAH KESUGIHAN CILACAP

Rachmawati, Nisa Arum (2023) PENERAPAN METODE HANIFIDA DALAM MENGHAFAL ASMAUL HUSNA DI MADRASAH DINIYAH AN-NAJAH KESUGIHAN CILACAP. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
RACHMAWATI NISA ARUM_PENERAPAN METODE HANIFIDA DALAM MENGHAFAL ASMAUL HUSNA DI MADRASAH DINIYAH AN-NAJAH KESUGIHAN CILACAP.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Guru menjadi faktor penentu dalam keberhasilan pembelajaran, sehingga sangat menentukan mutu pendidikan, Selain itu, guru juga memiliki peran dalam mengembangkan nilai agama dan moral peserta didik, berpusat pada ketauhidan salah satunya ialah dengan pembelajaran asmaul husna. Asmaul husna memiliki jumlah yang cukup banyak, yakni 99. Hal ini akan terasa menyulitkan, terutama bagi anak anak yang belum menguasai bahasa arab. Oleh karena itu dibutuhkan metode yang tepat dalam menghafal asmaul husna ini. Metode Hanifida yang memiliki konsep lagu dengan diiringi dengan gerakan tangan. Metode ini sangat membangun terhadap daya pikir anak karena menggabungkan antara pelafalan asmaul husna serta artinya yang diperagakan dengan gerakan tangan. Madrasah Diniyah An-Najah Kesugihan Cilacap menggunkan Metode Hanifida dalam pembelajaran asmaul husna. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (field Research) yang termasuk jenis penelitian kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan metode hanifida dalam menghafal asmaul husna di Madin tersebut. Sedangkan metode pengumpulan data dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi Madrasah Diniyah An-Najah Kesugihan Cilacap dalam menerapkan pembelajaran asmaul husna menggunakan metode hanifida melalui tiga tahap yaitu perencanaan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi. Pada tahap perencanaan guru menyiapkan materi yang diajarkan dan mempersiapkan beberapa cerita makna yang terkandung dalam asmaul husna tersebut, dengan tujuan cerita tersebut dapat terekam dimemori anak dan anak dapat menghafal asmaul husna dengan mudah. Selanjutnya dalam tahap pelaksanaan yakni melafalkan nama dan arti menggunakan lagu khas dan gerakan yang menunjukan arti yang telah dikonsep oleh metode hanifida dan anak menirukannya dengan langsung dengan cara diulang ulang. Pada tahap evaluasi ustadzah Warda selaku guru kelas 1 melakukan proses pengamatan langsung guna mengetahui berapa banyak anak yang menghafalkan dan memahami asmaul husna disertai gerakan dan artinya. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran asmaul husna menggunakan metode hanifida dapat membuat siswa menghafal asmaul husna beserta artinya dengan cepat, siswa juga antusias dalam mengikuti pembelajaran dan suasana kelas menjadi lebih menyenangkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Metode Hanifida, Menghafal, Asmaul Husna
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1227 Pendidikan Al Qur'an
2x3 Aqaid dan Ilmu Kalam > 2x3.1 Iman Kepada Allah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rachmawati Nisa Arum sdri
Date Deposited: 17 Jul 2023 06:06
Last Modified: 17 Jul 2023 06:06
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20214

Actions (login required)

View Item View Item