Layanan Bimbingan Konseling untuk Pengambilan Keputusan dan Menimimalisir Kesalahan dalam Pemilihan Jurusan di MAN 3 Banyumas

Erni, Rachmawati (2023) Layanan Bimbingan Konseling untuk Pengambilan Keputusan dan Menimimalisir Kesalahan dalam Pemilihan Jurusan di MAN 3 Banyumas. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Erni Dwi R_Layanan BK Untuk Pemilihan Jurusan.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pemilihan jurusan merupakan keputusan penting dalam kehidupan seorang siswa. Namun, seringkali siswa mengalami kesalahan dalam pengambilan keputusan tersebut, yang dapat berdampak negatif pada masa depan akademik dan karir mereka. Melalui implementasi layanan bimbingan konseling yang komprehensif, siswa MAN 3 Banyumas mampu memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang minat dan bakat mereka serta informasi yang lebih akurat tentang berbagai jurusan dan peluang karir. Dampak positif dari layanan ini terlihat dalam peningkatan keputusan pemilihan jurusan yang lebih sesuai dengan minat dan potensi siswa, serta penurunan kesalahan dalam pemilihan jurusan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi layanan bimbingan konseling yang diterapkan dalam membantu siswa MAN 3 Banyumas dalam pengambilan keputusan pemilihan jurusan serta meminimalisir kesalahan yang mungkin terjadi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Responden dalam penelitian ini terdiri dari siswa kelas X, dan guru bimbingan konseling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan bimbingan konseling di MAN 3 Banyumas terdiri dari sosialisasi jurusan di MAN 3 Banyumas, bimbingan individu dan kelompok untuk meminimalisir kesalahan dalam pemilihan jurusan, penyususan dan pengisisan angket bakat minat siswa. Dengan hasil penelitian tersebut layanan telah memberikan kontribusi yang signifikan dalam membantu siswa dalam pengambilan keputusan pemilihan jurusan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Layanan Bimbingan dan Konseling, Pengambilan Keputusan, Pemilihan Jurusan, MAN 3 Banyumas
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 158 Applied psychology > 158.3 Counseling and Interviewing
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Erni Dwi Rachmawati sdri
Date Deposited: 17 Jul 2023 02:07
Last Modified: 17 Jul 2023 02:07
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20210

Actions (login required)

View Item View Item