Internalisasi Nilai-Nilai Religius Dalam Kegiatan Habituasi Di MTs Negeri 1 Banyumas

Kurniati, Rohmaniyah (2023) Internalisasi Nilai-Nilai Religius Dalam Kegiatan Habituasi Di MTs Negeri 1 Banyumas. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Kurniati Rohmaniyah_Internalisasi Nilai-Nilai Religius Dalam Kegiatan Habituasi di MTs Negeri 1 Banyumas.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh maraknya kasus perilaku amoral yang dilakukan di kalangan remaja. Sebagai upaya dalam menekan kasus perilaku amoral dapat dilakukan melalui pendidikan. Karena dalam pendidikan bukan mengajarkan peserta didik dari segi akademis saja, melainkan menjadi sarana dalam menanamkan nilai. Internalisasi nilai-nilai religius pada peserta didik dalam kegiatan habituasi menjadi upaya untuk mengembangkan kepribadian peserta didik. Tujuan penulisan skripsi ini adalah untuk mendeskripsikan dan mengklasifikasikan secara detail tentang internalisasi nilai-nilai religius pada peserta didik dalam kegiatan habituasi di MTs Negeri 1 Banyumas. Metode penelitian yang digunakan pada penulisan skripsi ini adalah penelitian lapangan (field research). Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Lokasi yang diteliti adalah MTs Negeri 1 Banyumas. Subjek penelitian meliputi kepala sekolah, waka kurikulum, guru, dan peserta didik. Data yang diperoleh berasal dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian tentang internalisasi nilai-nilai religius pada peserta didik dalam kegiatan habituasi di MTs Negeri 1 Banyumas, yaitu : 1) Nilai-nilai religius yang dikembangkan di MTs Negeri 1 Banyumas dalam kegiatan habituasi yaitu nilai iman dan taqwa diinternalisasikan dalam kegiatan sholat berjamaah dan tadarus al-qur’an; nilai tawakal dan raja’ diinternalisasikan dalam kegiatan sholat berjamaah dan istighosah; nilai istiqomah diinternalisasikan dalam kegiatan sholat berjamaah dan pembacaan asmaul husna; nilai tawaduk diinternalisasikan dalam kegiatan budaya disiplin waktu, budaya 5S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, dan Santun) dan berdoa sebelum dan sesudah pembelajaran; nilai ukhuwah diinternalisasikan dalam kegiatan budaya 5S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, dan Santun); nilai ikhlas diinternalisasikan dalam kegiatan sholat berjamaah dan infaq Jum’at; nilai iffah diinternalisasikan dalam kegiatan budaya 5S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, dan Santun); dan nilai sopan santun diinternalisasikan dalam kegiatan budaya 5S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, dan Santun). 2) Proses internalisasi nilai-nilai religius dalam kegiatan habituasi di MTs Negeri 1 Banyumas dilakukan dalam tiga tahap yaitu tahap transformasi nilai, tahap transaksi nilai, dan tahap transinternalisasi nilai. 3) Faktor pendukung dan faktor penghambat internalisasi nilai-nilai religius dalam kegiatan habituasi di MTs Negeri 1 Banyumas dipengaruhi oleh faktor internal (yang berasal dari dalam diri seseorang) dan faktor eksternal (yang berasal dari luar diri seseorang). Kata Kunci : Internalisasi, Kegiatan Habituasi, Nilai Religius

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Internalisasi, Kegiatan Habituasi, Nilai Religius
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Kurniati Rohmaniyah
Date Deposited: 17 Jul 2023 01:57
Last Modified: 17 Jul 2023 01:57
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20207

Actions (login required)

View Item View Item