ANALISIS PERBANDINGAN AKAD MURABAHAH DAN MUSYARAKAH MUTANAQISAH PADA PEMBIAYAAN KPR SYARIAH DI BANK SYARIAH INDONESIA KCP KARANG KOBAR PURWOKERTO

Dewi, Aminah (2023) ANALISIS PERBANDINGAN AKAD MURABAHAH DAN MUSYARAKAH MUTANAQISAH PADA PEMBIAYAAN KPR SYARIAH DI BANK SYARIAH INDONESIA KCP KARANG KOBAR PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Dewi Aminah_Analisis Perbandingan Akad Murabahah dan Musyarakah Mutanaqisah Pada Pembiayaan KPR Syariah di Bank Syariah Indonesia KCP Karang Kobar Purwokerto.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Memiliki rumah merupakan kebutuhan mendasar yang sangat menentukan kelangsungan hidup manusia. Hubungan antara jumlah rumah yang dibangun dengan jumlah yang dibutuhkan dipengaruhi oleh pertumbuhan penduduk dan meningkatnya kebutuhan sosial ekonomi. Tingginya permintaan akan rumah menjadi peluang bagi bank syariah untuk menawarkan produk pembelian rumah. Bank Syariah Indonesia (BSI) hadir dengan menyediakan fasilitas produk pembiayaan KPR menggunakan akad murabahah dan musyarakah mutanaqisah yang dapat mewujudkan kepemilikan rumah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan akad murabahah dan musyarakah mutanaqisah dalam penerapannya pada pembiayaan KPR Syariah di Bank Syariah Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Data yang didapatkan dalam penelitian ini merupakan hasil data wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian menunjukan akad murabahah ditinjau dari kemudahannya lebih banyak digunakan dalam pembiayaan KPR. Akad murabahah sebagai praktek jual-beli, sedangkan akad musyarakah mutanaqisah sebagai praktek sewa-beli. Kemudian penerapan kedua akad dimulai dengan mengajukan pembiayaan dengan persyaratan administrasi yang sama. Perbandingan antara kedua akad dapat dilihat pada aspek persamaannya yaitu persyaratan administrasi, pembayaran angsuran, skema pelunasan di percepat dan konsekuensi hukum bagi nasabah wanprestasi. Perbedaan antara kedua akad terletak pada karakteristik akad, cara menentukan margin, hubungan antara bank dan nasabah, nilai objek, serta kepemilikan aset. Dalam implementasiannya dapat dilakukan dengan mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan kedua akad.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Akad Murabahah, Akad Musyarakah Mutanaqisah, Pembiayaan KPR
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.27 Bank (BMT)
2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.29 Aspek Muamalah lain (Taflis, Ihya ul mawaat, Ujroh (upah)Hajr, Luqatah, Kharaj, Jizyah)
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi > 2x6.32 Ekonomi Keuangan
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Dewi Aminah sdri
Date Deposited: 17 Jul 2023 01:55
Last Modified: 17 Jul 2023 01:55
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20204

Actions (login required)

View Item View Item