PENERAPAN METODE YANBU’A DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA AL QUR’AN BAGI ANAK USIA DINI DI PONDOK PESANTREN A.P.I AL AMANAH KECAMATAN KALIMANAH KABUPATEN PURBALINGGA

Yunisa nur, Fatimah (2023) PENERAPAN METODE YANBU’A DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA AL QUR’AN BAGI ANAK USIA DINI DI PONDOK PESANTREN A.P.I AL AMANAH KECAMATAN KALIMANAH KABUPATEN PURBALINGGA. Skripsi thesis, Uin Saifuddin zuhri purwokerto.

[img]
Preview
Text
Yunisa Nur Fatimah_Penerapan metode yanbu'a dalam pembelajaran membaca Al Qur'a.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penerapan Metode pembelajaran yang berfungsi sebagai cara dalam menyajikan dan memberi contoh isi pembelajaran kepada siswa untuk mencapai tujuan tertentu. Oleh karena itu diperlukan adanya sebuah metode yang efektif dan efisien. Seperti halnya Pondok Pesantren A.P.I Al Amanah Kalimanah yang menggunakan Metode Yanbu’a dalam proses membaca Al-Qur’an. Awalnya menggunakan Metode Qira’ati namun di nilai kurang efektif dan setelah menggunakan Metode Yanbu’a memberikan perubahan dalam perkembangan pembelajaran membaca Al-Qur’an. Dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an menggunakan metode yanbu’a daya tarik anak- anak untuk mengaji lebih besar. Metode yanbu’a adalah metode thoriqoh untuk mempelajari baca dan menulis serta menghafal al-qur’an dengan cepat, mudah, dan benar bagi anak maupun orang dewasa, yang dirancang dengan rosm utsmany menggunakan tanda-tanda dan wakof yang ada di dalam al-qur’an utsmany yang dipakai dinegara-negara arab dan islam. Di Pondok Pesantren A.P.I Al Amanah menerapkan metode yanbu’a dalam membaca dan menghafal al-qur’an proses dalam pembelajaran metode yanbu’a yaitu dari bimbingan mengajar yanbu’a pemula sampai juz 7. Proses pembelajaran al-qur’an dengan menerapkan metode yanbu’a menjadi lebih efektif dan menghasilkan output yang lebih baik. Metode yanbu’a merupakan salah satu sarana untuk mencapai tujuan berupa materi yang tersusun sistematis sebagai pengantar dalam pembelajaran membaca al-qur’an. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan menggunakan metode diskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggali sumber dari Pengasuh Pondok Pesantren A.P.I Al Amanah Kalimanah , Ustadz atau Ustadzah, dan Santri Pondok Pesantren A.P.I Al Amanah dan Wali Santri Pondok Pesantren A.P.I Al Amanah. Analisis data yang digunakan dengan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelian menunjukkan bahwa Metode Yanbu’a merupakan salah satu metode cepat tanggap belajar Al-Qurˈan. Metode Yanbu’a memiliki buku panduan mengajar yang digunakan sebagai pedoman mengajar. Namun dalam tahapan-tahapan mengajar yang dilakukan di Pondok Pesantren A.P.I Al Amanah terbagi menjadi 4 gelombang dalam setiap pembelajaran pertama-tama asatidz mengucapkan salam guna membuka suatu pembelajaran, asatidz selanjutnya membacakan doa-doa hafalan yang sudah di tentukan disetiap jilid, setelah ditirukan oleh para santri asatidz mengarahkan untuk ke ruangan masing-masing untuk kemudian membaca Juz Yanbu’a secara Individual yang sebelumnya dibacakan terlebih dahulu oleh asatidz, Setelah itu asatidz memberikan tanda C/B untuk menunjukkan mengulang atau lanjut ke halaman berikutnya. Kata kunci : Penerapan Metode Yanbu’a, Pembelajaran Membaca Al- Qur’an,

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penerapan Metode Yanbu’a, Pembelajaran Membaca Al- Qur’an,
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1227 Pendidikan Al Qur'an
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
500 Natural sciences and mathematics > 506 Organizations and management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Yunisa Nur fatimah sdri
Date Deposited: 17 Jul 2023 01:54
Last Modified: 17 Jul 2023 01:54
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20203

Actions (login required)

View Item View Item