ANALISIS KUALITAS PELAYANAN DALAM PROSEDUR PEMBERIAN KREDIT UNTUK MENINGKATKAN KEPUASAN ANGGOTA (Studi Kasus pada KUD Basuki di Desa Bulusari Kecamatan Gandrungmangu Kabupaten Cilacap)

Indriani, Nur Cahyani (2023) ANALISIS KUALITAS PELAYANAN DALAM PROSEDUR PEMBERIAN KREDIT UNTUK MENINGKATKAN KEPUASAN ANGGOTA (Studi Kasus pada KUD Basuki di Desa Bulusari Kecamatan Gandrungmangu Kabupaten Cilacap). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
INDRIANI NUR CAHYANI_ANALISIS KUALITAS PELAYANAN DALAM PROSEDUR PEMBERIAN KREDIT UNTUK MENINGKATKAN KEPUASAN ANGGOTA (Studi Kasus pada KUD Basuki di Desa Bulusari Kecamatan Gandrungmangu Kabupaten Cilacap).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kepuasan nasabah menjadi elemen penting sebagai penentu keberhasilan suatu badan usaha dalam memenuhi kebutuhan dan harapan masyarakat. Efek dari ketidakpuasan dan ketidaksetiaan nasabah tergantung kualitas layanan yang disediakan. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kualitas pelayanan dalam prosedur pemberian kredit untuk meningkatkan kepuasan anggota di Koperasi Unit Desa “Basuki” Kecamatan Gandrungmangu Kabupaten Cilacap. Jenis penelitian ini adalah (field research) yaitu dengan cara mendapatkan di lapangan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif dan kuantitatif sederhana, berdasarkan filososfis yang dipakai dalam meneliti subjek dan objek penelitian. Sumber data diambil dari data primer yang berasal dari hasil jawaban wawancara kepada pihak pihak koperasi dan instrumen penelitian berupa kuesioner yang diberikan kepada para nasabah. Populasi penelitian yaitu seluruh nasabah yang pernah mengajukan kredit yang berjumlah 500 orang. Selanjutnya diambil sampel dengan batas toleransi 10%, didapatkan jumlah sampel sebesar 50 responden. Hasil penelitian melalui wawancara dengan indikator kualitas pelayanan cukup memuaskan para nasabah sedangkan pada indikator prosedur pemberian kredit cukup efektif dan efisien untuk memperoleh suatu kesepakatan Bersama dalam meminjam kredit. Hasil penelitian melalui kuesioner pada nasabah Kualitas Pelayanan dari data tersebut bisa dideskripsikan bahwa nilai rata rata (Mean) 13.24 nilai tengah (Median) 13.00 nilai yang sering muncul (Modus) 12, nilai tertinggi (Max)18, nilai terendah (Min) 11. Prosedur Pemberian Kredit dari data tersebut bisa dideskripsikan bahwa nilai rata rata (Mean) 13,68 nilai tengah (Median) 14.00 nilai yang sering muncul (Modus) 14, Kepuasan Anggota dari data tersebut bisa dideskripsikan bahwa nilai rata rata (Mean) 15,06 nilai tengah (Median) 15,00 nilai yang sering muncul (Modus) 15.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kualitas pelayanan, prosedur pemberian kredit, kepuasaan anggota.
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi > 2x6.32 Ekonomi Keuangan
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi > 2x6.34 Koperasi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Indriani Nur Cahyani sdri
Date Deposited: 15 Jul 2023 03:32
Last Modified: 15 Jul 2023 03:32
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20200

Actions (login required)

View Item View Item