PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE EVERYONE IS A TEACHER HERE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA KELAS VIII MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DI MTS NEGERI 1 BANYUMAS

Syanha, Sekar (2023) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE EVERYONE IS A TEACHER HERE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA KELAS VIII MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DI MTS NEGERI 1 BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
SYANHA SEKAR PALUPI_PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN EVERYONE IS A TEACHER HERE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis matematis siswa di kelas VIII MTs Negeri 1 Banyumas. Salah satu faktor yang mempengaruhi yaitu penggunaan strategi pembelajaran yang kurang tepat. Upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasinya adalah dengan menerapkan strategi pembelajaran Everyone Is A Teacher Here. Strategi pembelajaran Everyone Is A Teacher Here dapat membuat siswa untuk melakukan kegiatan aktif belajar seperti berpikir, saling mengajukan dan menjawab pertanyaan, mampu memecahkan masalah bersama dan saling berbagi pengetahuan yang sudah didapat. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dengan desain penelitian yaitu pretest-posttest control group design. Populasi yang ada dalam penelitian ini yaitu sebanyak 9 rombel kelas VIII di MTs Negeri 1 Banyumas yang homogen dalam kemampuan berpikir kritisnya. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VIII A yang berjumlah 31 siswa dan kelas VIII C yang berjumlah 33 siswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji N-Gain dan uji t yang dikerjakan dengan program SPSS Versi 25. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dari strategi pembelajaran Everyone Is A Teacher Here terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas VIII materi bangun ruang sisi datar di MTs Negeri 1 Banyumas. Nilai rata-rata N-Gain kelas eksperimen lebih besar dari pada nilai rata-rata N-Gain kelas kontrol. N-Gain kelas eksperimen mendapatkan nilai rata-rata sebesar 0,55527 yang dapat diklasifikasikan kedalam kategori tinggi, dan kelas kontrol mendapatkan nilai rata-rata N-Gain sebesar 0,2525 yang diklasifikasikan kedalam kategori rendah. Sehingga, terlihat bahwa kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Everyone Is A Teacher Here, Berpikir Kritis, Matematis.
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Syanha Sekar Palupi sdri
Date Deposited: 15 Jul 2023 03:29
Last Modified: 15 Jul 2023 03:29
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20196

Actions (login required)

View Item View Item