PENANAMAN SIKAP SPIRITUAL DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SMA BOARDING SCHOOL PUTRA HARAPAN PURWOKERTO TAHUN AJARAN 2022/2023

Siti Nur, Rohmah (2023) PENANAMAN SIKAP SPIRITUAL DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SMA BOARDING SCHOOL PUTRA HARAPAN PURWOKERTO TAHUN AJARAN 2022/2023. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
SITI NUR ROHMAH_PENANAMAN SIKAP SPIRITUAL DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SMA BOARDING SCHOOL PUTRA HARAPAN PURWOKERTO TAHUN AJARAN 2022-2023.pdf

Download (787kB) | Preview

Abstract

Kurikulum 2013 memiliki domain dalam mencapai tujuan pendidikan yakni kognitif, psikomotorik, dan afektif. Keberadaan afektif kerap kali dianaktirikan sehingga bentuk perwujudan dari hasil pembelajaran tidak nampak. Pendidikan afektif ini menyangkut mengembangkan kepribadian anak didik dalam mengatur emosi dan sikapnya dalam menanggapi lingkungan sekitar. Kaitannya dengan afektif ialah sikap spiritualitas siswa yang terbentuk selama masa belajar. Pendidikan spiritual berpengaruh baik terhadap siswa seperti menghargai nilai ibadah, menghormati guru, dan saling mengingatkan dalam hal kebaikan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis penanaman sikap spiritual dalam PAI dan hasil penanaman sikap spiritual. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara terstruktur, observasi, dan dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan yaitu analisis data interaktif yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun pengujian keabsahan data dengan triangulasi sumber. Hasil penelitian penanaman sikap spiritual dalam pembelajaran PAI di SMA Boarding School Putra Harapan tahun ajaran 2022/2023 adalah sebagai berikut: penanaman sikap spiritual dalam PAI; peran pendidik, program pendukung, hambatan penanaman spiritual; hasil penanaman sikap spiritual yaitu terwujudnya sikap keserhanaan, kedisiplinan, dan saling membantu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: penanaman, sikap spiritual, pembelajaran PAI
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.3 Islam dan Ilmu Sosial
2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak > 2x5.12 Akhlak berdasarkan aqli
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Nur Rohmah sdri
Date Deposited: 15 Jul 2023 02:53
Last Modified: 15 Jul 2023 02:53
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20193

Actions (login required)

View Item View Item