PENGARUH LITERASI KEUANGAN SYARIAH DAN GAYA HIDUP TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF (Studi Pada Mahasiswa Universitas Islam Negeri Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto)

Ida, Zakiah Sofyan (2023) PENGARUH LITERASI KEUANGAN SYARIAH DAN GAYA HIDUP TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF (Studi Pada Mahasiswa Universitas Islam Negeri Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Ida Zakiah Sofyan_Pengaruh Literasi Keuangan Syariah dan Gaya Hidup terhadap Perilaku Konsumtif (Studi pada Mahasiswa Universitas Islam Negeri Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pola perilaku konsumsi masyarakat saat ini telah bergeser, yang awalnya sekedar memenuhi kebutuhan perimer sekarang berkembang menjadi pemenuhan kebutuhan sekunder, tersier bahkan komplementer dan cenderung bersikap konsumtif. Kekurangan informasi mengenai keuangan syariah dan cenderung memilih produk konvesional menjadikan pengetahuan mahasiswa berkurang pada literasi keuangan syariah. Salah satunya gaya hidup yang telah memasuki di kehidupan semua orang tak terkecuali mahasiswa. Fenomena gaya hidup mahasiswa yang sedikit modis mengarah gaya hidup hedon. Maka, ada kecenderungan untuk sikap boros (konsumtif). Mahasiswa umumnya lebih tertarik untuk membeli produk jika ada diskon dan mengutamakan keinginan dibanding kebutuhan. Berdasarkan tujuannya penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif. Variabel yang digunakan pada penelitian ini ada 3 yaitu literasi keuangan syariah, gaya hidup dan perilaku konsumtif. Data diperoleh dengan menyebar kuesioner kepada 384 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan insidental sampling dengan kriteria penentuan sampel berdasarkan kebetulan. Selanjutnya data ini diolah menggunakan uji analisis uji analisis regresi linier berganda dan dibantu aplikasi SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa literasi keuangan syariah berpengaruh negatif terhadap perilaku konsumtif. Dan gaya hidup berpengaruh positif terhadap perilaku konsumtif. Secara simultan variabel independen dalam penelitian ini berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif pada mahasiswa Universitas Islam Negeri Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Literasi Keuangan Syariah, Gaya Hidup, Perilaku Konsumtif
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ida Zakiah Sofyan sdri
Date Deposited: 15 Jul 2023 02:51
Last Modified: 15 Jul 2023 02:51
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20192

Actions (login required)

View Item View Item