PENGARUH GAYA HIDUP DIGITAL, PROMOSI DAN KEPERCAYAAN KONSUMEN TERHADAP INTENSITAS BELANJA ONLINE PADA TIKTOK SHOP (STUDI KASUS GENERASI Z PENGGUNA TIKTOK DI PURWOKERTO)

Desi, Setiawati (2023) PENGARUH GAYA HIDUP DIGITAL, PROMOSI DAN KEPERCAYAAN KONSUMEN TERHADAP INTENSITAS BELANJA ONLINE PADA TIKTOK SHOP (STUDI KASUS GENERASI Z PENGGUNA TIKTOK DI PURWOKERTO). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Desi Setiawati_Pengaruh Gaya Hidup Digital, Promosi, dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Intensitas Belanja Online pada TikTok Shop (Studi Kasus Generasi Z Pengguna TikTok di Purwokerto).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penggunaan internet yang semakin berkembang dalam berbelanja online menyebabkan melonjaknya pengguna internet serta toko online yang bermunculan. Berdasarkan pernyataan Muhammad Arif selaku Ketua Umum Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) menyatakan bahwa kurang lebih 77% penduduk Indonesia sudah menggunakan internet. Faktor yang mempengaruhi berbelanja online menurut Arif Budiman (2018) yaitu persepsi manfaat, kepercayaan, pengaruh iklan di media sosial, kemudahan berbelanja, discout (potongan harga), ongkos kirim, banyak pilihan dan informasi harga, penggunaan teknologi dan karakteristik pelanggan. Faktor-faktor tersebut mempunyai penjabaran yang luas termasuk variabel-variabel penelitian yang peneliti ambil, tetapi peneliti juga menemukan fakta pada e-commerce TikTok Shop yang tidak sesuai dengan teori yang ada. Variabel yang diambil peneliti adalah Gaya Hidup Digital, Promosi, dan Kepercayaan Konsumen. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah Generasi Z pengguna TikTok di Purwokerto yang pernah melakukan belanja online di TikTok Shop. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 responden. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan korelasi Rank Spearman, Konkordansi Kendall W, dan Analisis Regresi Ordinal dengan alat bantu SPSS. Hasil uji Korelasi Rank Spearman menunjukkan variabel Gya Hidup Digital, Promosi, dan Kepercayaan Konsumen memiliki korelasi positif dan berpengaruh secara signifikan terhadap Intensitas Belanja Online pada E-Commerce TikTok Shop. Kemudian dalam uji Konkordasi Kendall W menunjukkan hubungan yang sangat kuat dan berpengaruh secara simultan terhadap Intensitas Belanja Online E-Commerce TikTok Shop. Hasil analisis regresi ordinal pada tabel Model Parameter Estimates menunjukkan bahwa variabel Gaya Hidup Digital, Promosi, dan Kepercayaan berpengaruh secara simultan terhadap Intensitas Belanja Online pada E-Commerce TikTok Shop. Jadi, Kesimpulannya adalah Variabel Gaya Hidup Digital, Promosi, dan Kepercayaan Konsumen berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Intensitas Belanja Online pada Generasi Z pada E-Commerce TikTok Shop. Kata Kunci : Perilaku Konsumen, Gaya Hidup Digital, Promosi, Kepercayaan Konsumen, TikTok Shop

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Perilaku Konsumen, Gaya Hidup Digital, Promosi, Kepercayaan Konsumen, TikTok Shop
Subjects: 300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport > 381 Internal commerce (Domestic trade)
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Desi Setiawati sdri
Date Deposited: 15 Jul 2023 02:43
Last Modified: 15 Jul 2023 02:43
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20186

Actions (login required)

View Item View Item