ANALISIS PERAN HOME INDUSTRY BATIK KANJENG TERHADAP KEMANDIRIAN EKONOMI LANSIA ( Studi kasus Home Industry Batik Kanjeng di Desa Sokaraja kidul Kecamatan Sokaraja Kabupaten Banyumas )

RISQI NAELI, ROHMAH (2023) ANALISIS PERAN HOME INDUSTRY BATIK KANJENG TERHADAP KEMANDIRIAN EKONOMI LANSIA ( Studi kasus Home Industry Batik Kanjeng di Desa Sokaraja kidul Kecamatan Sokaraja Kabupaten Banyumas ). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
RISQI NAELI ROHMAH_ANALISIS PERAN HOME INDUSTRY BATIK KANJENG TERHADAP KEMANDIRIAN EKONOMI LANSIA ( Studi kasus Home Industry Batik Kanjeng di Desa Sokaraja kidul Kecamatan Sokaraja Kabupaten Banyumas ).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Home industry merupakan wadah bagi sebagian besar masyarakat yang mampu tumbuh dan berkembang secara mandiri dengan memberikan andil besar serta menduduki peran strategis dalam meningkatkan pendapatan keluarga di Desa Sokaraja. Di samping itu Home industry juga merupakan kegiatan usaha yang mampu memperluas lapangan kerja dan memberikan pelayanan ekonomi secara luas kepada masyarakat, dan dapat berperan dalam meningkatkan pendapatan keluarga, mengurangi pengangguran dan meningkatkan kesejahteraan. Salah satu home industry yang cukup banyak memperkerjakan masyarakat sekitar adalah home industry batik Kanjeng yang beralamat di Desa Sokaraja Kidul Kecamatan Sokaraja Kabupaten Banyumas. Pada kasus tertentu lansia masih dipekerjakan oleh beberpa home industry batik di banyumas. Lansia masih menjadi prioritas di home industry batik Kanjeng untuk membantu membuat kain batik. Adapun permasalahan dari penelitian ini adalah bagaimana peran home industry batik Kanjeng terhadap kemandirian ekonomi khususnya lansia di Desa Sokaraja Kidul Kecamatan Sokaraja Kabupaten Banyumas ? Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan pendekatan yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman yang terdiri dari tiga tahap, yakni reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan empat peran . pertama yaitu penyediaan lapangan pekerjaan untuk masyarakat di sekitar home industry batik Kanjeng sehingga menggurangi jumlah pengguran, kedua meningkatkan kemandirian ekonomi karyawan dan kemandirian ekonomi lansia, terakhir menjaga keberlanjutan tradisi dan budaya banyumasan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran home Industry, Kemandirian ekonomi, Lansia
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi > 2x6.32 Ekonomi Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Risqi Naeli Rohmah sdr
Date Deposited: 15 Jul 2023 02:41
Last Modified: 15 Jul 2023 02:41
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20183

Actions (login required)

View Item View Item