IMPLEMENTASI KURIKULUM PAI DI SMP SEKOLAH ALAM GUNUNG MENDELEM (SAGUM) KECAMATAN BELIK KABUPATEN PEMALANG

Sulis, Asfiatun Nisa (2023) IMPLEMENTASI KURIKULUM PAI DI SMP SEKOLAH ALAM GUNUNG MENDELEM (SAGUM) KECAMATAN BELIK KABUPATEN PEMALANG. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Sulis Asfiatun Nisa_IMPLEMENTASI KURIKULUM PAI DI SMP SAGUM KECAMATAN BELIK KABUPATEN PEMALANG.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Kurikulum menjadi pegangan guru agar dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran di sekolah dapat berjalan dengan lancar, hal itu juga berlaku bagi guru PAI. Pada umumnya, dalam pelaksanaan pembelajaran PAI di sekolah muncul banyak permasalahan yang terjasi seperti: latar belakang keluarga yang berbeda-beda, siswa yang suka bolos, minimnya metode dan model mengajar guru tentu memberikan pengaruh besar terhadap iklim belajar di kelas, dan masih banyak lagi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi kurikulum PAI di SMP Sekolah Alam Gunung Mendelem (SAGUM). Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Adapun tempat yang menjadi objek penelitian adalah SMP Sekolah Alam Gunung Mendelem Kecamatan Belik Kabupaten Pemalang dan subjek penelitian ini adalah Guru mata pelajaran PAI, siswa-siswa SL7 dan SL8 dan kepala sekolah. Teknik pengambilan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun hasil dari penelitian ini adalah pembelajaran PAI SMP sekolah Alam Gunung Mendelem menggunakan penggabungan kurikulum diknas dan kurikulum sekolah alam. Pelaksanaan pembelajaran PAI ini dilaksanakan sebanyak satu minggu dalam satu bulan. Kemudian terdapat tiga tahapan dalam implementasi kurikulum PAI di SMP Sekolah Alam Gunung Mendelem yaitu perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran. Sebelum guru melaksanakan pembelajaran di kelas, terlebih dahulu guru mempersiapkan perencanaan berupa weekly plan, lesson plan, spider web, learning overview dan fishbone. Pada tahap pelaksanaan, guru menggunakan beberapa metode dan pendekatan pembelajaran seperti pendekatan active learning, kooperatif kontekstual, PjBL dan tematik. Dalam menunjang pembelajaran PAI, sekolah juga membuat suatu program. Program-program tersebut antara lain: Pembiasaan pagi, tahsin dan tahfidz al-Qur’an Ramadhan Activity, beternak dan berkebun, outbound, seni dan budaya lokal, market day dan Jalak Sagum. Adapun sumber dan media pembelajaran yang digunakan guru PAI berupa buku ajar, guru tamu, dan tentunya lingkungan sekitar. Evaluasi menjadi tahap terakhir dalam implementasi kurikulum. Guru dalam melaksanakan assesmen menggunakan dua aspek asesmen yaitu: Asesmen untuk mendukung proses pembelajaran berupa asesmen formatif, asesmen sumatif, dan asesmen diagnostik dan Asesmen untuk menyimpulkan hasil pembelajaran berupa portofolio, rapot diknas dan deskriptif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kurikulum, Pendidikan Agama Islam, Sekolah Alam
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3309 Kurikulum
400 Language > 407 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sulis Asfiatun Nisa sdri
Date Deposited: 15 Jul 2023 02:32
Last Modified: 15 Jul 2023 02:32
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20181

Actions (login required)

View Item View Item