MANAJEMEN PROGRAM MADRASAH QUR'ANIYAH AL-HADI BAGI SANTRI BARU DI PONDOK PESANTREN AL-HIDAYAH

Widya, Miptakhul Jannah (2023) MANAJEMEN PROGRAM MADRASAH QUR'ANIYAH AL-HADI BAGI SANTRI BARU DI PONDOK PESANTREN AL-HIDAYAH. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Widya Miptakhul Jannah_Manajemen Program Madrasah Qur'aniyah Al-Hadi Bagi Santri Baru di Pondok Pesantren Al-Hidayah Karangsuci Purwokerto.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Al-Qur’an merupakan petunjuk hidup bagi setiap orang muslim. Sebagai seorang muslim yang baik kita perlu memperhatikan tajwid dan makharijul huruf ketika membaca Al-Qur’an, kita diperintahkan untuk belajar bagaimana cara membaca Al-Qur’an yang baik. Salah satu usaha yang dapat dilakukan agar dapat membaca Al-Qur’an dengan mendatangi guru atau tenaga pengajar yang dapat mengajarkan kepada kita. Madrasah Qur’aniyah Al-Hadi lembaga non-formal yang berdiri di bawah naungan Pondok Pesantren Al-Hidayah yang merupakan lembaga yang menjadi wadah dalam proses belajar membaca Al-Qur’an yang didalamnya terdapat manajemen program terhadap pengelolaan lembaga yang baik. Dengan adanya manajemen program yang mengatur seluruh kegiatan di Madrasah Qur’aniyah Al-Hadi sehingga tercipta lulusan yang baik pula. Jenis penelitian kali ini menggunakan penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif, yaitu penelitian yang dibuat untuk mendeskripsikan serta menganalisis fenomena, peristiwa, aktivitas, sosial, sikap, kepercayaan, perspektif, pemikiran individu atau kelompok yang terjadi terhadap pelaksanaan Manajemen Program Madrasah Qur’aniyah Al-Hadi Bagi Santri Baru di Pondok Pesantren Al-Hidayah. Data didapatkan berdasarkan hasil observasi dan wawancara. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa pelaksanaan Manajemen Program Madrasah Qur’aniyah Al-Hadi Bagi Santri Baru di Pondok Pesantren Al-Hidayah Karangsuci Purwokerto tersusun berdasarkan analisis yang dilakukan dalam pengelolaannya peneliti mengenai perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, serta pengawasan. Untuk terciptanya proses pembelajaran yang efektif persiapan atau perencanaan untuk memulai suatu kegiatan harus dilakukan secara teliti atau matang sehingga dalam pelaksanaannya dapat sesuai dengan tujuan awal tercapainya suatu kegiatan. Madrasah Qur’aniyah Al-Hadi hal pertama yang disiapkan dalam proses pengelolaan pembelajaran diawali dengan perekrutan tenaga (pengajar) dan mengadakan tes untuk menentukan jenjang (kelas) yang akan dimasuki oleh setiap santri. Mengadakan musyawarah untuk membahas apa saja yang akan dilakukan serta pembagian kerja pada setiap jenjangnya. Setelah itu menentukan metode apa saja yang digunakan dalam proses pembelajaran. Metode yang digunakan di Madrasah Qur’aniyah Al-Hadi berupa yanbu'a dan metode talaqih. Dimana santri bertatap muka secara langsung dengan pengampu dalam proses pembelajarannya. Kemudian mengadakan evaluasi terhadap santri untuk mengetahui seberapa paham santri setelah dilakukannya pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Program MQA, Santri Baru Pondok Pesantren
Subjects: 2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.07 Pendidikan, Pelatihan, Riset Al Qur'an
2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.1 Ilmu Al Qur'an > 2x1.12 Ilmu Qiraat (termasuk macam qiraat dan tajwid)
2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.1 Ilmu Al Qur'an > 2x1.17 Gharib Al Qur'an
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Widya Miptakhul Jannah sdri
Date Deposited: 14 Jul 2023 06:19
Last Modified: 14 Jul 2023 06:19
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20175

Actions (login required)

View Item View Item