PENERAPAN METODE SMART GAMES PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMP ISLAM MAJENANG CILACAP

Citra Tri, Juniar (2023) PENERAPAN METODE SMART GAMES PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMP ISLAM MAJENANG CILACAP. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Citra Tri Juniar_Penerapan Metode Smart Games.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin berkembag saat ini dijadikan sebagai solusi dalam setiap permasahan yang terjadi khususnya pada bidang pendidikan. Hal ini tentunya membawa dampak yang positif bagi dunia pendidikan. Pembelajaran di kelas tidak akan efektf jika hanya menggunakan satu metode dalam pembelajaran melainkan harus didukung oleh berbagai metode pembelajaran yang lain agar suasana kelas menjadi lebih hidup dan tidak terkesan monoton. Untuk tercapainya tujuan pembelajaran salah satunya dengan pemilihan suatu strategi atau metode pembelajaran. Guru berinovasi menggunakan berbagai metode pembelajaran, salah satunya menggunakan metode smart games metode berbasis game ini menggunakan media berupa quiz dan game tebak-tebakan. Pembelajaran pendidikan agama Islam merupakan pembelajaran yang dalam satu minggunya hanya dilaksanakan tiga jam pemelajaran. Untuk menghilangkan rasa bosan pada peserta didik, guru berinovasi dan berkreasi dengan mengemas pembelajaran denan metode bermain. Penelitian ini merupakan sebuah penelitian yang memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan dari metode smart game dalam pembelajaran PAI dan BP di SMP Islam Majenang, Kabupaten Cilacap. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dan data disajikan dalam bentuk deskriptif. Peneliti megumpulkan data penelitian dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil analisis data penelitian pada pebelajaran pendidikan agama Islam yang menggunakan metode smart game bahwa: 1) metode smart game digunakan sebagai evaluasi pembelajaran, 2) metode smart game diterapkan sesuai dengan materi, jadi tidak semua materi pembelajaran hanya menggunakan metode tersebut, 3) dalam penerapannya metode ini termasuk metode yang digemari peserta didik, 4) berdasarkan hasil penelitian, peneliti dapat melihat dan menyimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode tersebut menjadikann suasana kelas yang aktif dan membawa kesenangan serta kenyamanan peserta didik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran di kelas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran, PAI, Metode Smart Games
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Citra tri juniar sdri
Date Deposited: 14 Jul 2023 02:38
Last Modified: 14 Jul 2023 02:38
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20171

Actions (login required)

View Item View Item