Nilai-nilai Tasawuf dalam Buku Self Healing with Qur'an dan Relevansinya dalam Pengembangan Akhlak Generasi Z

Azizah Fara, Zahra (2023) Nilai-nilai Tasawuf dalam Buku Self Healing with Qur'an dan Relevansinya dalam Pengembangan Akhlak Generasi Z. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Azizah Fara Zahra_Nilai-nilai Tasawuf dalam Buku Self Healing with Qur'an Karya Ummu Kalsum dan Relevansinya dalam Pengembangan Akhlak Generasi Z.pdf

Download (29MB) | Preview

Abstract

Krisis spiritual dan krisis moral yang dialami generasi Z saat ini ditandai dengan semakin banyaknya orang yang mengalami kegelisahan dan kehampaan eksistensial. Upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan pengamalan ajaran Tasawuf. Salah satu media sebagai wawasan dan memotivasi generasi Z menerapkan akhlak sufistik di kehidupan modern adalah dengan membaca buku Self Healing with Qur’an karya Ummu Kalsum. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan penanaman nilai-nilai tasawuf yang terkandung dalam buku Self Healing with Qur’an karya Ummu Kalsum dan relavansinya dalam pengembangan akhlak. Metode penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah penelitian kualitatif melalui metode kepustakaan (library research). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam skripsi ini adalah analisis isi (content analysis). Adapun yang menjadi sumber data primer yaitu dari buku Self Healing with Qur’an karya Ummu Kalsum dan sumber data sekunder berupa referensi lain yang berhubungan dengan penelitian. Temuan skripsi ini adalah bahwa penanaman nilai-nilai tasawuf dalam buku Self Healing with Qur’an karya Ummu Kalsum dapat dilakukan dengan narasi praktik tasawuf harian bagi generasi Z. Praktik tersebut berkaitan denggan zuhud, sabar, syukur, tawakkal, ridha, dan dzikir. Dari ke 6 nilai-nilai tasawuf yang ditemukan dalam buku tersebut relevan dengan dunia anak millennial, karena memberikan alternatif pemecahan masalah dan memberikan kontribusi terhadap pengembangan akhlak bagi generasi Z.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Nilai Tasawuf, Buku Self Healing with Qur’an, Akhlak
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak
2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.2 Tasawuf
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Azizah Fara Zahra sdri
Date Deposited: 14 Jul 2023 02:34
Last Modified: 14 Jul 2023 02:34
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20165

Actions (login required)

View Item View Item