PROBLEMATIKA GURU DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENULIS PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS I MI MA'ARIF NU 02 SENON KEMANGKON PURBALINGGA

Puput, Syifa Ilhamiyah (2023) PROBLEMATIKA GURU DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENULIS PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS I MI MA'ARIF NU 02 SENON KEMANGKON PURBALINGGA. Skripsi thesis, UIN Prof. K,H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Puput Syifa Ilhamiyah_Problematika Guru dalam Mengembangkan Kemampuan Membaca dan Menulis pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas I MI Ma'arif NU 02 Senon Kemangkon Purbalingga.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penekanan pembelajaran membaca dan menulis sangat penting terutama di kelas rendah. Hal ini membawa konsekuensi bahwa pembelajaran membaca dan menulis harus mendapatkan perhatian intensif. Dengan demikian, adalah tugas seorang guru untuk meyakinkan bahwa proses pembelajaran membaca dan menulis menjadi pengalaman yang menyenangkan bagi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persoalan-persoalan dan juga upaya yang dilakukan oleh guru dalam mengembangkan kemampuan membaca dan menulis yang terjadi di kelas I MI Ma’arif NU 02 Senon. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan subjek penelitian kepala madrasah, guru kelas I dan juga peserta didik kelas I. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti yaitu teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk teknik analisis data yang digunakan berupa reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Kemudian untuk teknik uji keabsahan yang digunakan peneliti yaitu berupa triangulasi sumber dengan cara menguji keabsahan dan kevalidan data dari satu informan dengan informan yang lain. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa problematika guru dalam mengembangkan kemampuan membaca dan menulis pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas I MI Ma’arif NU 02 Senon yaitu: Problematika dalam perencanaan pembelajaran, problematika dalam pelaksanaan pembelajaran yang berupa proses membuka pembelajaran, menyampaikan materi, interaksi belajar mengajar dan menutup pembelajaran, serta problematika guru dalam evaluasi pembelajaran. Upaya yang dilakukan oleh guru dalam menghadapi problematika untuk mengembangkan kemampuan membaca dan menulis yaitu melakukan perbaikan terkait pembuatan RPP, menentukan strategi dan metode pembelajaran yang tepat mengingat pentingnya perencanaan pembelajaran. Membimbing peserta didik yang kesulitan dalam membaca dan menulis menggunakan benda konkrit, membiasakan melafalkan huruf, membaca sambil bernyanyi, menggunakan metode eja, suku kata dan mengadakan les tambahan. Memberikan penilaian baik secara lisan maupun tertulis, pengamatan, serta tugas individu maupun kelompok.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Problematika Guru, Membaca, Menulis
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar
400 Language > 407 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Puput Syifa Ilhamiyah sdri
Date Deposited: 13 Jul 2023 03:57
Last Modified: 13 Jul 2023 03:57
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20148

Actions (login required)

View Item View Item