IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN STUDENT CENTERED LEARNING (SCL) DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MTs AL-HIDAYAH PURWOKERTO

Tiara, Nurfitriani (2023) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN STUDENT CENTERED LEARNING (SCL) DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MTs AL-HIDAYAH PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Tiara Nurfitriani_Implementasi Model Pembelajaran.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Abstrak: Perubahan paradigma dari pembelajaran yang berpusat pada pendidik menjadi pembelajaran yang berpusat pada peserta didik perlu diterapkan di dalam mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Model pembelajaran yang dapat mendukung perubahan paradigma tersebut yaitu model pembelajaran Student Centered Learning (SCL). MTs Al-Hidayah Purwokerto merupakan sekolah yang mengimplementasikan model pembelajaran Student Centered Learning (SCL) dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dengan tujuan meningkatkan kualitas pembelajaran pada peserta didik agar menjadi aktif dan mandiri. Penelitian ini dilakukan dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif yang menggunakan metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data dengan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Kemudian dilakukan pemeriksaan keabsahan data menggunakan model triangulasi dengan fokus terhadap triangulasi sumber. Tujuan penelitian ini yaitu fokus dalam implementasi model pembelajaran Student Centered Learning (SCL) dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Al-Hidayah Purwokerto. Hasil penelitian ini bisa disimpulkan bahwa model pembelajaran Student Centered Learning (SCL) diimplementasikan di MTs Al-Hidayah Purwokerto berdasarkan prinsip, karakteristik, dan peran pendidik serta peserta didik melalui kegiatan pembelajaran aktif berupa permainan edukatif, diskusi aktif dan berbagai kegiatan yang sudah berjalan cukup baik meskipun masih memerlukan perbaikan-perbaikan untuk kedepannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Model Pembelajaran, Aktif, Sejarah Kebudayaan Islam.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
2x9 Sejarah Islam dan Biografi > 2x9.9 Peta Sejarah Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tiara Nurfitriani sdri
Date Deposited: 13 Jul 2023 04:00
Last Modified: 13 Jul 2023 04:00
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20145

Actions (login required)

View Item View Item