FRAME PEMBERITAAN KASUS PEMERKOSAAN DI PONPES SHIDDIQIYYAH JOMBANG PADA MEDIA ONLINE (Analisis Framing Model Robert N Entman Pada Detik.Com Dan NU Online)

Camelia, Marwah (2023) FRAME PEMBERITAAN KASUS PEMERKOSAAN DI PONPES SHIDDIQIYYAH JOMBANG PADA MEDIA ONLINE (Analisis Framing Model Robert N Entman Pada Detik.Com Dan NU Online). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Camelia Marwah_Frame Pemberitaan Kasus Pemerkosaan d.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pesantren seharusnya menjadi proses perkembangan peserta didik ketingkat yang lebih baik, tempat yang aman dan nyaman, akan tetapi akhir-akhir ini banyak kasus yang tidak baik seperti kekerasan seksual yang menimpa santri di pesantren, mirisnya lagi pelakunya sendiri yaitu pengasuh atau guru di pesantren tersebut. Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) mencatat, sebanyak 25.050 perempuan menjadi korban kekerasan di Indonesia sepanjang 2022. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendapatkan gambaran media Detik.com dan NU Online dalam membingkai pemberitaan pada kasus pemerkosaan di ponpes Shiddiqiyyah Jombang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kepustakaan (Library Research) dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan Observasi dan Dokumentasi. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan objek 10 berita pada dua media. Skripsi ini Menggunakan teori Robert N Entman dengan 4 elemen framing, Define Problem, Diagnose Causes, Make Moral Judgement, Treatment Recommendation. Dalam teori ini maka ditemukan hasil penelitian bahwa Detik.com membingkai kasus kekerasan seksual MSAT sebagai kasus moral yang perlu mendapat perhatian khusus, dalam pemberitaannya banyak menyajikan sudut pandang dan menonjolkan informasi mendasar mengenai kasus tersebut. Sedangkan NU Online membingkai kasus kekerasan seksual MSAT sebagai kasus moral yang melanda lingkungan pendidikan khususnya pesantren, NU Online menyajikan berita masih sangat terbatas dalam mengambil sudut pandang pemberitaan kasus ini, sehingga terkesan hanya mengikuti kasus saat khalayak diramaikan dengan terjadinya kasus kekerasan seksual di lingkungan pesantren. Kata Kunci : Pemberitaan, Kasus Pemerkosaan, Ponpes Jombang, Kekerasan Seksual, Framing Robert N Entman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pemberitaan, Kasus Pemerkosaan, Ponpes Jombang, Kekerasan Seksual, Framing Robert N Entman.
Subjects: 000 Generalities > 060 General organization and museology
000 Generalities > 070 News media, journalism, publishing
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.4 Kedudukan Wanita dalam Islam
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Camelia Marwah sdri
Date Deposited: 18 Jul 2023 04:11
Last Modified: 18 Jul 2023 04:11
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20144

Actions (login required)

View Item View Item