METODE EDUTAINMENT DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SD NEGERI 2 SERAYU KARANGANYAR PURBALINGGA

Rixza, Laksana Putri (2023) METODE EDUTAINMENT DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SD NEGERI 2 SERAYU KARANGANYAR PURBALINGGA. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Rixza Laksana Putri_Metode Edutainment Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SD Negeri 2 Serayu Karanganyar Purbalingga.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Pendidikan adalah faktor penting dalam kehidupan manusia. Latar belakang penelitian meliputi minat dan keterlibatan siswa yang rendah, kurangnya sumber daya pembelajaran yang menarik, pemahaman konsep yang kurang mendalam, pembelajaran yang terpusat pada guru, dan peningkatan kebutuhan akan pendekatan inovatif. Metode edutainment digunakan sebagai pendekatan pembelajaran yang menggabungkan unsur pendidikan dan hiburan. Beberapa metode edutainment yang digunakan antara lain permainan, video pembelajaran, cerita, dan lagu. Metode ini bertujuan untuk menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan, meningkatkan minat siswa, dan memperkuat pemahaman mereka tentang ajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian lapangan yang berlokasi di SD Negeri 2 Serayu Karanganyar Purbalingga. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tahapan analisis data yang dilakukan yakni, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data serta triangulasi sebagai teknik uji keabsahan data. Hasil penelitian dari metode edutainment dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SD Negeri 2 Serayu Karanganyar, secara umum memadai. Mereka menunjukkan antusiasme yang tinggi dalam mengikuti permainan interaktif, menonton video pembelajaran, dan berpartisipasi dalam cerita interaktif. Dimulai dengan segi kognitif, siswa mendapatkan lebih banyak pengetahuan karena lingkungan belajar yang santai dan menyenangkan. Dari segi afektif, siswa semakin meng-implementasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Artinya hanya satu atau dua yang dianggap keras kepala. Selain itu, dari segi psikomotorik, pemahaman baik memiliki pengaruh praktis yang positif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Edutainment, PAI Budi Pekerti, Pembelajaran
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.6 Islam dan Teknologi
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
300 Social sciences > 303 Social processes
800 Literature and rhetoric > 807 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rixza Laksana Putri sdri
Date Deposited: 13 Jul 2023 06:21
Last Modified: 13 Jul 2023 06:21
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20143

Actions (login required)

View Item View Item