ANALISIS PRAKTIK JUAL BELI IKAN ASIN PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM (STUDI PADA PASAR IKAN KOPERASI MINA USAHA JETIS, CILACAP)

Fatimah, Rahayu (2023) ANALISIS PRAKTIK JUAL BELI IKAN ASIN PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM (STUDI PADA PASAR IKAN KOPERASI MINA USAHA JETIS, CILACAP). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Fatimah Rahayu_ Analisis Praktik Jual Beli Ikan Asin Perspektif Etika Bisnis Islam (Studi pada Pasar Ikan Koperasi Mina Usaha Jetis, Cilacap).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pasar ikan Koperasi Mina Usaha Jetis Cilacap merupakan satu-satunya pasar ikan yang dibina oleh Dinas Perikanan Cilacap, selain itu pasar ikan Koperasi Mina Usaha juga ramai pengunjung. Pasar ikan Koperasi Mina Usaha terdiri dari dua kelompok pedagang, yaitu distributor dan pedagang pengecer. Ikan asin merupakan produk yang diperjualbelikan di pasar tersebut, ikan asin yang diperjualbelikan diproduksi dengan cara yang tradisional, yaitu dengan memanfaatkan sinar matahari untuk proses penjemuran. Jika cuaca mendung, akan berpengaruh pada kualitas produk ikan asin, serta berpengaruh pada ketepatan waktu pesanan pedagang pengecer. Oleh karena itu, distributor ikan asin harus memperhatikan aspek produksi dan distribusi agar pesanan pedagang pengecer terpenuhi.Semua pedagang ikan asin di pasar ikan Koperasi Mina Usaha beragama Islam, sehingga penting bagi mereka untuk menerapkan etika bisnis Islam dalam berdagang.Penelitian ini difokuskan untuk menganalisis dan mengetahui bagaimana praktik jual beli ikan asin yang dilakukan oleh distributor ikan asin dan pedagang pengecer ikan asin, serta bagaimana tinjauan etika bisnis Islam terhadap praktik jual beli ikan asin tersebut. Penelitian ini menggunakan metode analisis data kualitatif.Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), yaitu peneliti terjun langsung ke lapangan dalam mengetahui fakta-fakta yang sebenarnya.Penelitian ini menggunakan sumber data primer yang berupa hasil wawancara dengan narasumber dan data sekunder yang diperoleh dari buku-buku atau internet. Proses pengumpulan data menggunakan metode observasi yang dilakukan dengan pengamatan dan peninjauan langsung proses transaksi jual beli ikan asin, dan metode wawancara yang dilakukan kepada distributor ikan asin, pedagang ikan asin, ketua Koperasi Mina Usaha, serta metode dokumentasi yang berupa hasil foto, rekaman suara hasil wawancara. Proses analisis data dilakukan dengan mereduksi data, melakukan penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa praktik jual beli ikan asin di pasar ikan Koperasi Mina Usaha dilakukan secara pesanan dengan pembayaran tunai di awal dan secara angsuran.Distributor ikan asin di pasar ikan Koperasi Mina Usaha telah menerapkan etika bisnis pedagang dalam Islam dan etika Distribusi dalam Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Jual Beli, Pedagang, Etika Bisnis Islam.
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.21 Jual Beli (Termasuk Salam dan Lelang)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Fatimah Rahayu sdri
Date Deposited: 13 Jul 2023 01:41
Last Modified: 13 Jul 2023 01:41
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20142

Actions (login required)

View Item View Item