METODE PEMBELAJARAN MUFRODAT PADA SISWA KELAS VII MTS SATU ATAP RAUDHOTUT YHOLIBIN KECAMATAN KEMBARAN KABUPATEN BANYUMAS

Roro Efi, Nur Safitri (2023) METODE PEMBELAJARAN MUFRODAT PADA SISWA KELAS VII MTS SATU ATAP RAUDHOTUT YHOLIBIN KECAMATAN KEMBARAN KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Roro Efi Nur Safitri_Metode Pembelajaran Mufrodat Pada Siswa Kelas VII MTs Satu Atap Raudhotut Tholibin Kecamatan Kembaran Kabupaten Banyumas.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Bahasa Arab merupakan salah satu bahasa dunia yang berkembang seiring dengan peradaban Islam, khususnya di Indonesia, dan merupakan bahasa Al-Qur’an. Dalam kegiatan belajar mengajar, metode pembelajaran sangat penting untuk membantu peserta didik memahami pembelajaran, khususnya pembelajaran bahasa Arab. Sebab, dalam konteks ini, yakni pembelajaran mufrodat, penting untuk dipahami bahwa seorang guru yang profesional adalah yang mampu mengkondisikan pembelajarannya dengan baik dan mampu mengidentifikasi, media, dan metode yang efektif dengan mengamati bagaimana peserta didiknya. Penelitian ini berupaya untuk mengetahui efektivitas pendekatan guru dalam menumbuhkan minat pembelajaran mufrodat di kelas VII MTs Satu Atap Raudhotut Tholibin Kecamatan Kembaran Kabupaten Banyumas. Karena yang menjadi pokok permasalahan bagaimana guru dalam menggunakan metode pembelajaran mufrodat di MTs tersebut. Jenis penelitian ini menggunakan dua tahapan, yaitu penyajian data dan analisis data, serta metodologi penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Menurut temuan penelitian, pengembangan pembelajaran mufrodat diterapkan di mana guru melakukan metode-metode kepada peserta didik melalui metode ceramah diawal pembelajaran, hal ini untuk meningkatkan potensi peserta didik serta membangun komunikasi, metode tebak kata dilakukan untuk mengetes pengetahuan tentang mufrodat yang sudah diajarkan, metode tanya jawab dilakukan jikalau pembelajaran sudah selesai sebagai syarat pulang, dan metode berdiskusi dilakukan pada saat pembelajaran berlangsung. Guru memperhatikan kesesuaian dengan keadaan peserta didik yang begitu bersemangat dan antusias dalam belajarnya, meskipun belum terlalu berhasil. Kata kunci : Metode, Pembelajaran Mufrodat dan Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode, Pembelajaran Mufrodat dan Siswa
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.72 Tata Bahasa Arab > 492.727 Pendidikan Tata Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Roro Efi Nur Safitri sdri
Date Deposited: 13 Jul 2023 01:40
Last Modified: 13 Jul 2023 01:40
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20140

Actions (login required)

View Item View Item