IMPLEMENTASI AKAD MUSYARAKAH PADA PLATFORM ASDOSKU PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARIAH (STUDI KASUS CV ASDOSKU BAKTI NUSANTARA)

REFI AFRISA, PUTRI FEBRIAN (2023) IMPLEMENTASI AKAD MUSYARAKAH PADA PLATFORM ASDOSKU PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARIAH (STUDI KASUS CV ASDOSKU BAKTI NUSANTARA). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
REFI AFRISA PUTRI FEBRIAN_SKRIPSI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

CV Asdosku Bakti Nusantara didirikan pada tahun 2019 dengan tujuan membantu dan memperdayakan dosen dan mahasiswa serta pihak pendidikan lainnya, dalam pengertian lain Asdosku adalah platform untuk mencari asisten membantu berbagai tugas dan kegiatan dikampus serta proyek ataupun bisnis bagi warga kampus. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui implementasi akad musyarakah pada platform asdosku dan mengetahui bagaimana berjalannya praktik akad tersebut antara mahasiswa sebagai anggota dengan pihak asdosku sebagai platform apakah sudah sesuai dengan perspektif hukum ekonomi syariah, karena ada beberapa anggota yang tidak mendapatkan perjanjian tertulis atau kontrak kerja yang berisi hak dan kewajiban anggota asdosku dengan asdosku serta hak dan kewajiban asdosku kepada anggota, serat pembagian bagi hasil, beberapa anggota yang tidak mendapatkan kontrak kerja tersebut akhirnya tidak mengetahui pembagian bagi hasil yang mereka peroleh. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research). Pendekatan bersifat yuridis normatif. Dengan penelitian hukum kepustakaan yang dilakukan dengan cara meneliti bahan-bahan pustakaatau data sekunder. Data Pustaka dan sekunder bersumber dari lapangan yaitu mahasiswa anggota asdosku dan pihak pada platform asdosku bakti nusantara. Teknik pengumpulan data yaitu dengan observasi, wawancara dan dokumentasi, metode analisis data yang digunakan adalah metode analisis kualitatif. Hasil Penelitian menunjukan bahwa akad kerjasama yang terdapat dalam platform asdosku bakti nusantara dalam perspektif hukum ekonomi syariah adalah termasuk kerjasama syirkah/musyarakah, hanya saja dalam implementasinya bagi hasil antara asdosku belum transparan dikarenakan mahasiswa belum mengetahui kepastian pembagian bagi hasilnnya. Hal ini disebabkan pada platform asdosku ada beberapa mahasiswa yang tidak mengetahui pembagiannya secara pasti, disebabkan karena beberapa anggota tidak mendapatkan surat atau kontrak perjanjian kerjasama dari asdosku hal tersebut melanggar asas perjanjian dalam hukum islam yakni asas tertulis bahwa setiap perjanjian harus di tulis agar tidak timbul masalah dikemudian hari. Kata Kunci: musyarakah, Hukum Ekonomi Syariah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: musyarakah, Hukum Ekonomi Syariah
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.23 Perjanjian (Perburuhan, Tanah, Wadiah Kafalah)
2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.24 Persekutuan (Syirkah, Qirad, Mudhorobah, Murabahah, Musaqoh, Muzaroah)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Refi Afrisa Putri Febrian sdri
Date Deposited: 13 Jul 2023 01:35
Last Modified: 13 Jul 2023 01:35
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20133

Actions (login required)

View Item View Item