IMPLEMENTASI METODE COOPERATIVE SCRIPT DALAM PEMBELAJARAN FIKIH DI MTS MA’ARIF NU 01 SUSUKAN BANJARNEGARA

Dwi, Puspitasari (2023) IMPLEMENTASI METODE COOPERATIVE SCRIPT DALAM PEMBELAJARAN FIKIH DI MTS MA’ARIF NU 01 SUSUKAN BANJARNEGARA. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Dwi Puspitasari_Implementasi Metode Cooperative Script dalam Pembelajaran Fikih di MTs Ma'arif NU 01 Susukan Banjarnegara.pdf

Download (16MB) | Preview

Abstract

Emosi siswa sangat mempengaruhi proses pembelajaran. Apabila siswa merasa senang maka materi yang disampaikan dapat dipahami dengan baik, sedangkan apabila siswa merasa terpaksa maka siswa akan mengalami kesulitan memahami materi yang diajarkan. Dengan demikian, guru harus dapat menciptakan suasana kelas supaya siswa merasa senang dan tidak bosan dan menjadikan pembelajaran menjadi lebih menarik. Salah satunya dengan penggunaan metode pembelajaran yang menyenangkan. Fakta di lapangan, implementasi metode pembelajaran masih cenderung sama setiap pertemuan KBM yang menyebabkan kebosanan dan kurang memahami materi yang dipelajari oleh peserta didik serta menurunnya gairah untuk menuntut ilmu. Maka dari itu diperlukannya metode pembelajaran yang inovasi yaitu salah satunya dengan metode pembelajaran Cooperative Script. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana implementasi metode cooperative script dalam pembelajaran fikih di MTs Ma’arif NU 01 Susukan. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan penelitian deksriptif kualitatif, yaitu mendeskripsikan implementasi metode cooperative script dalam pembelajaran fikih di MTs Ma’arif NU 01 Susukan. Data yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian implementasi metode cooperative script dalam pembelajaran fikih di MTs Ma’arif NU 01 Susukan menciptakan suasana kelas yang menyenangkan sehingga siswa lebih semangat dan aktif, berpikir kritis, sistematis. Materi yang diajarkan juga dapat dipahami dengan mudah. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil belajar siswa yang banyak mencapai nilai diatas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Metode Cooperative Script, Pembelajaran Fikih
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.02 Ushul Fiqih
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dwi Puspitasari sdri
Date Deposited: 13 Jul 2023 01:34
Last Modified: 13 Jul 2023 01:34
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20132

Actions (login required)

View Item View Item