PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS BERBANTUAN MEDIA GEOGEBRA TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS MATERI LINGKARAN PADA SISWA KELAS VIII DI SMP MUHAMMADIYAH 1 PURWOKERTO

Desya Adella Nur, Afinda (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS BERBANTUAN MEDIA GEOGEBRA TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS MATERI LINGKARAN PADA SISWA KELAS VIII DI SMP MUHAMMADIYAH 1 PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Desya Adella Nur Afinda_Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Divisions berbantuan Media Geogebra terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis siswa di kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Purwokerto. Salah satu faktor penyebabnya adalah penggunaan model pembelajaran yang kurang tepat. Solusi yang dianggap mampu meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis adalah menerapkan model pembelajaran STAD berbantuan media geogebra dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaiaman implementasi dari penerapan model STAD berbantuan media geogebra dan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model STAD berbantuan media geogebra terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Purwokerto. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Purwokerto yang berjumlah 118 siswa, dengan sampel berjumlah 38 siswa, 24 siswa dari kelas VIII B dan 14 siswa dari kelas VIII D. Variabel penelitian ini yaitu model STAD berbantuan media geogebra sebagai variabel bebas dan kemampuan pemahaman konsep matematis sebagai variabel terikat. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes. Analisis data menggunakan uji t, dengan uji prasyarat uji normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara model STAD berbantuan media geogebra terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Media Geogebra, Model STAD
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Adel Desya Adella Nur Afinda sdri
Date Deposited: 13 Jul 2023 01:32
Last Modified: 13 Jul 2023 01:32
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20130

Actions (login required)

View Item View Item