STRATEGI BAURAN PEMASARAN DALAM KEBERLANJUTAN USAHA BUDIDAYA IKAN GURAMEH (OSPORONEMUS GOURAMY) STUDI KASUS KELOMPOK BUDIDAYA IKAN MINA SENTOSA DESA SINGASARI KECAMATAN KARANGLEWAS

Nur Effendi, Muhammad (2023) STRATEGI BAURAN PEMASARAN DALAM KEBERLANJUTAN USAHA BUDIDAYA IKAN GURAMEH (OSPORONEMUS GOURAMY) STUDI KASUS KELOMPOK BUDIDAYA IKAN MINA SENTOSA DESA SINGASARI KECAMATAN KARANGLEWAS. Skripsi thesis, UIN Prof.K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Muhammad Nur Effendi_Strategi bauran pemasaran usaha budi daya ikan gurame (osporonemus gourami) Studi kasus kelompok budidaya ikan mina sentosa desa singasari kec kara.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pemasaran merupakan salah satu dari kegiatan pokok yang dilakukan oleh para pengusaha dalam usahanya untuk mempertahankan kelangsungan hidup usahanya dan untuk mengembangkan perusahaan serta untuk mendapatkan keuntungan atau laba yang sebesar-besarnya. Banyak strategi yang bisa digunakan untuk meningkatkan volume penjualan, salah satunya adalah marketing mix (bauran pemasaran). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi strategi marketing mix dalam keberlanjutan usaha budidaya ikan MINA SENTOSA di Desa Singasari Kecamatan Karanglewas serta faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini termasuk dalam penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif, pengumpulan datanya dilakukan dengan observasi langsung ke lapangan, wawancara mendalam dengan narasumber, dan dokumentasi, dan dalam menguji kredibilitas data digunakan teknik triangulasih. Sumber data penelitian dalam wawancara mendalam adalah partisipan yang memiliki posisi atau kewenangan pada obyek penelitian yaitu sebanyak 4 (empat) partisipan yang didasarkan pada prinsip kesesuaian (appropriateness) dan kecakupan (adequancy). Dari hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa implementasi strategi bauran pemasaran sudah dilakukan dengan cukup baik dan dapat meningkatkan penjualan produk yang dijual. Disimpulkan bahwa kualitas produk, penetapan harga, pemilihan media promosi, dan lokasi penjualan memegang peran penting dalam menetapkan strategi pemasaran. Faktor pendukung yang paling kuat adalah kualitas produk, modal dan lokasi. Sedangkan untuk faktor penghambat yang paling utama adalah promosi dan perubahan cuaca. Sedangkan faktor yang menyemabkan keberlanjutan usaha budidaya ikan yaitu modal, bahan baku, pemasaran, teknologi dan tenaga kerja. Kata Kunci: Strategi, Bauran Pemasaran: Produk; Lokasi; Harga; Promosi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Bauran Pemasaran: Produk; Lokasi; Harga; Promosi
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam > 2x6.15 Kelompok Sosial
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.6 Organisasi > 2x6.61 Organisasi Sosial
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Muhammad Nur Efendi sdr
Date Deposited: 13 Jul 2023 01:30
Last Modified: 13 Jul 2023 01:30
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20127

Actions (login required)

View Item View Item