MANAJEMEN PROGRAM KELAS BINA OLAHRAGA UNTUK MEMBENTUK KARAKTER SISWA DI MTS NEGERI 8 CIAMIS

Dian, Rosdiani (2023) MANAJEMEN PROGRAM KELAS BINA OLAHRAGA UNTUK MEMBENTUK KARAKTER SISWA DI MTS NEGERI 8 CIAMIS. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Dian Rosdiani-1917401044-Manajemen Program Kelas Bina Olahraga Untuk Membentuk Karakter Siswa Di MTs Negeri 8 Ciamis.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Abstrak: Karakter seseorang terbentuk bukan karena pengamatan saja, akan tetapi bisa diajarkan melalui situasi olahraga, latihan, dan aktivitas fisik. Seperti halnya dalam pendidikan jasmani dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia agar tetap sehat dan bugar. MTs Negeri 8 Ciamis salah satu madrasah yang memiliki program unggulan kelas bina olahraga, dalam upaya membentuk karakter bagi para siswanya. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan manajemen dari program kelas bina olahraga untuk membentuk karakter siswa dan menemukan nilai-nilai karakter melalui program kelas bina olahraga. Penelitian ini menggunakan penelitian yang bersifat deskriptif, yang mana dalam pengumpulan data dilakukan secara langsung di lapangan. Data dapat diperoleh melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan manajemen dilakukan dengan empat tahap. Pertama perencanaan yaitu meliputi perencanaan peserta didik yang memiliki minat dan bakat pada olahraga, perencanaan pembina/pelatih, serta perencanaan sarana dan prasarana. Kedua pengorganisasian yaitu pihak yang diberi wewenang dan tugas. Ketiga pelaksanaan yaitu waktu dan tempat pelaksanaan kegiatan program kelas bina olahraga. Keempat kontrol/evaluasi terhadap kinerja program kelas bina olaharaga oleh seluruh pihak yang terlibat didalamnya. Serta nilai-nilai karakter yang didapatkan dari program kelas bina olahraga, meliputi karakter disiplin, kerja keras, mandiri, menghargai prestasi, komunikatif/bersahabat, dan mental juara. Kata Kunci: Manajemen, Olahraga, Karakter.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Olahraga, Karakter.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
400 Language > 406 Organizations and management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Dian Rosdiani sdri
Date Deposited: 13 Jul 2023 01:29
Last Modified: 13 Jul 2023 01:29
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20124

Actions (login required)

View Item View Item