MANAJEMEN PROGRAM SHALAT DHUHA DALAM MEMBENTUK KARAKTER ANAK DI TK DIPONEGORO 12 PURWOKERTO WETAN

Indah Wulan Puspa, Pujangga (2023) MANAJEMEN PROGRAM SHALAT DHUHA DALAM MEMBENTUK KARAKTER ANAK DI TK DIPONEGORO 12 PURWOKERTO WETAN. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
INDAH WULAN PUSPA PUJANGGA_MANAJEMEN PROGRAM SHALAT DHUHA DALAM MEMBENTUK KARAKTER ANAK DI TK DIPONEGORO 12 PURWOKERTO WETAN.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pembentukan karakter anak dipandang sangat tepat jika dilaksanakan sejak dini melalui berbagai kegiatan seperti program shalat dhuha. Jenis penelitian yang digunakan penelitian kualitatif. Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan kegiatan manajemen program shalat dhuha dalam membentuk karakter anak di TK Diponegoro 12 Purwokerto Wetan. Partisipan dalam penelitian yaitu kepala TK Diponegoro 12 Purwokerto Wetan, guru, murid dan orangtua. Data yang dikumpulkan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi.Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis data model Miles and Huberman yang terdiri dari tahap reduksi data, display data dan verifikasi. Instrumen yang digunakan baik untuk wawancara maupun observasi adalah catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukan bahwa kegiatan manajemen program shalat dhuha dalam membentuk karakter anak menggunakan 4 fungsi dalam manajemen. Pertama merencanakan program shalat dhuha, Kedua mengorganisasikan program shalat dhuha, Ketiga melaksanaan program shalat dhuha keempat pengawasan dalam masalah pelaksanaan program shalat dhuha. Program shalat dhuha di TK Diponegoro 12 Purwokerto Wetan telah menghasilkan anak memiliki karakter religius, disiplin, mandiri, menghargai prestasi, cinta damai, peduli lingkungan dan sosial, tanggunh jawab, demokratis dan jujur.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Program, Karakter, Shalat Dhuha
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Indah Wulan Puspa Pujangga sdri
Date Deposited: 12 Jul 2023 06:33
Last Modified: 13 Jul 2023 06:44
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20122

Actions (login required)

View Item View Item