INTERNALISASI NILAI KARAKTER DISIPLIN SANTRI DALAM ORGANISASI ITTIHADUT THULABAH MADRASAH ISLAMIYAH (ITMI) DI MADRASAH DINIYAH ELBAYAN MAJENANG CILACAP

Sukaesih, Sukaesih (2023) INTERNALISASI NILAI KARAKTER DISIPLIN SANTRI DALAM ORGANISASI ITTIHADUT THULABAH MADRASAH ISLAMIYAH (ITMI) DI MADRASAH DINIYAH ELBAYAN MAJENANG CILACAP. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI SUKAESIH bismillah fiks bngt .pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Perilaku kedisiplinan dapat tercermin dari bagaimana seseorang tersebut mentaati peraturan dan tata tertib yang telah diterapkan dalam masing-masing instansi. Sehingga kedisiplinan perlu ditumbuhkan dengan program atau kegiatan yang melatih siswa untuk terbiasa disiplin. Dengan demikian penelitian ini bertujuan untuk menetahui bagaiamana internalisai nilai karakter disiplin santri dalam organisasi itmi. Jenis penelitian yang digunakan yaitu melalui penelitian lapangan (field research) yang bersifat pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian dilaksanakan di madrasah diniyah pondok pesantren el-bayan majenang cilacap. Terknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan Teknik analisi data yang digunakan adalah redukasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian yang telah dilaksanakan, menunjukan bahwa karakter disiplin yang ditanamkan dalam organisasi itmi adalah disiplin waktu, disiplin dalam mentaati peraturan, disiplin dalam bersikap, disiplin dalam beribadah, dengan Melalui beberapa pendekatan yaitu diantaranya pendekatan sistem among, pendekatan inspiratif, pendekatan intelektual. Dengan peroses kedisplinan yang dapat tercerminkan dalam beberapa kegiatan dan program-program yang ada di madrasah yaitu kegaiatan ta’arif santri baru, operasi seragam, peringatan maulid nabi Muhammad SAW, peringatan hari santri, takror, rapat 3 bulan, yaumul ijtima’iyah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Internalisasi Nilai Karakter, Disiplin, Organisasi
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 160 Logic
2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak > 2x5.12 Akhlak berdasarkan aqli
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.6 Organisasi > 2x6.63 Organisasi Kepemudaan dan Kemahasiswaan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sukaesih Sukaesih sdri
Date Deposited: 12 Jul 2023 06:27
Last Modified: 12 Jul 2023 06:27
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20116

Actions (login required)

View Item View Item