INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA DAKAWAH (STUDI ETNOGRAFI VIRTUAL PADA AKUN INSTAGRAM @Limproduction_)

Chanifatuz, Zahro (2023) INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA DAKAWAH (STUDI ETNOGRAFI VIRTUAL PADA AKUN INSTAGRAM @Limproduction_). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Chanifatuz Zahro_INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA DAKWAH (Studi Etnografi Virtual Pada Akun Instagram @Limproduction_).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Fenomena dakwah hingga saat ini terus berkembang di kehidupan masyarakat. Transformasi dakwah mulai dari dakwah secara langsung, kemudian menjadi trend dan melekat di kehidupan sekitar yaitu dakwah melalui media sosial. Media sosial yang ada dan cukup digandrungi anak muda adalah Instagram. Akun @limproduction_ ialah sebuah aktualisasi dakwah di media sosial yang berkembang dan dinaungi pondok pesantren lirboyo dengan khas materi dakwah yang dibagikan berupa visual teks hingga audio visual. Tujuan penelitian dalam penulisan skripsi ini untuk mengetahui budaya yang ada pada akun media sosial Instagram @limproduction_ sebagai media dakwah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui tiga tahap yakni observasi, wawancara virtual, dan dokumentasi. Pendekatan yang digunakan yaitu Metode Etnografi Virtual dengan Analisis Media Siber yang ditawarkan Rulli Nasrullah pada empat level yaitu level ruang media, dokumen media, objek media, pengalaman media. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tercipta sebuah budaya di ruang siber dimana terjadi praktek budaya melalui penggunaan bahasa daerah, dan beragam model interaksi pada setiap segmen. Pada level ruang media, akun memiliki 80,7 ribu pengikut dengan 540 postingan. Level dokumen media, konten keseluruhan membahas ilmu yang meliputi tiga yaitu akhlak, akidah, syari’ah, juga terdapat artefak budaya seperti sebutan dari followers kepada pemilik akun yaitu “limin”, sesama pengikut yang laki-laki dengan sebutan “kang”, panggilan “ning” kepada pemateri perempuan yang berkedudukan sebagai anak kyai. Level objek media terjadi berbagai model interaksi antar pengguna dan juga admin akun pada kolom komentar seperti sharing pengalaman. Level pengalaman media, hampir keseluruhan pengikut mengalami dan menjawab permasalahan seperti fikih dalam kehidupan sehari-hari. Kata kunci: Media Sosial, Media Dakwah, Etnografi Virtual, Akun @limproduction_.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Sosial, Media Dakwah, Etnografi Virtual, Akun Instagram @Limproduction_.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah > 2x7.24 Metode, Media dan Sarana Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Chanifatuz Zahro sdri
Date Deposited: 12 Jul 2023 06:25
Last Modified: 12 Jul 2023 06:25
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20112

Actions (login required)

View Item View Item