ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 PURWOKERTO DITINJAU DARI SELF REGULATED LEARNING DAN GENDER

Findi Auliya, Fatikhah (2023) ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 PURWOKERTO DITINJAU DARI SELF REGULATED LEARNING DAN GENDER. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
FINDI AULIYA FATIKHAH_ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA DITINJAU DARI SRL DAN GENDER.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menggali pemahaman konsep matematika siswa kelas VII SMP Negeri 4 Purwokerto ditinjau dari self regulated learning dan Gender. Pemahaman konsep matematika merupakan landasan penting bagi pembelajaran matematika yang efektif, namun sering kali siswa mengalami kesulitan dalam memahami konsep-konsep tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deksirptif. Data dikumpulkan melalui angket penggolongan gender feminim maskulin dan angket self regulated learning, tes, dan wawancara dengan siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 4 Purwokerto. Analisis data dalam penelitian ini melalui tahap penyajian data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan, yang sebelumnya telah dilakukan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa SRL Tinggi, memiliki pemahaman konsep matematika yang sangat baik tanpa dipengaruhi oleh gender. Siswa SRL sedang, memiliki pemahaman konsep yang cukup baik, namun gender juga berpengaruh dalam pemahaman konsep ini, sedangkan gender feminim lebih teliti dan berhati hati dalam menyelesaikan sebuah soal, Siswa dengan SRL gender feminim dan maskulin mendapatkan kategori kurang baik dalam kemampuan pemahaman konsep, karena siswa dengan SRL rendah cenderung belum bisa mengontrol kegiatan belajarnya dan belum bisa mengevaluasi hasil belajarnya sendiri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Gender, Pemahaman Konsep Matematika, Self Regulated Learning
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Findi Auliya Fatikhah sdri
Date Deposited: 12 Jul 2023 02:10
Last Modified: 12 Jul 2023 02:10
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20107

Actions (login required)

View Item View Item