PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SD NEGERI 2 KEDUNGURANG GUMELAR BANYUMAS

INAYAH, INAYAH (2023) PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SD NEGERI 2 KEDUNGURANG GUMELAR BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
INAYAH_PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SD NEGERI 2 KEDUNGURANG GUMELAR BANYUMAS.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Teknologi pada saat ini seakan-akan sudah menjadi kebutuhan pokok bagi manusia seiring perkembangan zaman. Kebutuhan dalam segala bidang mulai dari pertanian, perkebunan, perdagangan, hiburan, pangan hingga bidang pendidikan sudah memanfaatkan teknologi. Teknologi informasi dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran, termasuk dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Akan tetapi pemenfaatan teknologi tersebut beberapa belum optimal dikarenakan adanya beberapa hambatan yang terjadi di lapangan. Hambatan tersebut dapat berupa masalah jaringan, adanya penyesuaian terhadap pembaharuan perangkat, serta permasalahan teknis yang lainnya. Permasalahan tersebut yang menjadi latar belakang adanya penelitian ini. Dalam rangka untuk mendapatkan data dan informasi yang dibutuhkan, peneliti menetapkan SD Negeri 2 Kedungurang sebagai lokasi penelitian. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dalam bentuk penelitian lapangan (field research), yang bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pemanfaatan teknologi informasi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SD Negeri 2 Kedungurang. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan beberapa teknik pengumpulan data, di antaranya observasi lapangan, wawancara dengan narasumber terkait, dan dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam uji kredibilitas penelitian ini adalah teknik triangulasi sumber data. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif, dengan teorinya Milles dan Huberman yang pada dasarnya terdiri dari tiga komponen : 1) Reduksi data, 2) Penyajian data, serta 3) Penarikan serta pengujian kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa SD Negeri 2 Kedungurang telah memanfaatkan teknologi informasi dalam kegiatan pembelajarannya, termasuk pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Dalam praktiknya terdapat beberapa kendala yang dirasakan oleh pihak sekolah, guru, dan peserta didik. Pihak sekolah telah melakukan berbagai upaya untuk meningatan efektifitas pemanfaatan teknologi informasi dalam pembelajaran. Pihak guru juga mempunya berbagai kebutuhan dalam rangka optimalisasi pemanfaatan teknologi informasi dalam pembelajaran. Secara keseluruhan, pemanfaatan tenologi informasi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SD Negeri 2 Kedungurang sudah berjalan dengan cukup baik dan masih terus diupayakan adanya peningkatan pelaksanaannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Teknologi Informasi, Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
600 Technology (Applied sciences) > 607 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Inayah Inayah sdri
Date Deposited: 12 Jul 2023 02:08
Last Modified: 12 Jul 2023 02:08
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20105

Actions (login required)

View Item View Item