PENGARUH PENGGUNAAN METODE MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP PGRI WANGON KABUPATEN BANYUMAS

Aisyah Nur, Ashari (2023) PENGARUH PENGGUNAAN METODE MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP PGRI WANGON KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
AISYAH NUR ASHARI_PENGARUH PENGGUNAAN METODE MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP PGRI WANGON KABUPATEN BANYUMAS.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kenyataan bahwa masih rendahnya nilai yang diperoleh siswa dalam mata pelajaran PAI yang dilihat melalui hasil nilai PAS (Penilaian Akhir Semester) di SMP PGRI Wangon dan salah satu faktor yang mempengaruhinya adalah metode pembelajaran yang masih menggunakan metode konvensional. Untuk itu salah satu solusi untuk meningkatkan nilai hasil belajar adalah dengan menggunakan metode mind mapping dalam pembelajaran PAI. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan metode mind mapping terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Kelas VII di SMP PGRI Wangon Kabupaten Banyumas. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen. Dalam penelitian ini yang menjadi subjek penelitian adalah kelas VII A dan Kelas VII C SMP PGRI Wangon. Kelas VII A sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan metode mind mapping dan kelas VII C sebagai kelas kontrol dengan menggunakan metode konvensional. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan tes dan dokumentasi dengan teknik pengolahan data uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, uji daya pembeda, normalitas, homogenitas, dan uji t menggunakan SPSS Versi 25. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode Mind Mapping terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) materi “Rukhshah: Kemudahan dari Allah Swt Dalam Beribadah” kelas VII di SMP PGRI Wangon Kabupaten Banyumas. Hal tersebut dapat dilihat melalui uji paired samples statistic yang menunjukkan nilai rata-rata posttest siswa kelas VII A adalah 71,69 dan nilai rata-rata postest kelas VII C adalah 54,92. Sehingga dapat dibuktikan bahwa terdapat perbedaan nilai rata-rata hasil belajar siswa antara kelas VII A yang menggunakan metode mind mapping dan VII C yang tidak menggunakan metode mind mapping. Berdasarkan hasil pengujian uji “t” terhadap kedua kelompok diperoleh thitung = 4,375 dan ttabel = 2,732 dengan taraf signifikan 5% maka hipotesis Ha diterima karena thitung = 4,375 > ttabel = 2,732. Sehingga hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh penggunaan metode mind mapping terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP PGRI Wangon Kabupaten Banyumas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Mind Mapping, Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: AISYAH NUR ASHARI sdri
Date Deposited: 18 Jul 2023 03:50
Last Modified: 18 Jul 2023 03:50
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20103

Actions (login required)

View Item View Item