KEGIATAN MASYARAKAT BERBASIS FILANTROPI KEAGAMAAN DI GANG GUNUNG KARANG, KELURAHAN BOBOSAN (SEBUAH STUDI ANALISIS DESKRIPTIF)

Irfan, Maulana (2023) KEGIATAN MASYARAKAT BERBASIS FILANTROPI KEAGAMAAN DI GANG GUNUNG KARANG, KELURAHAN BOBOSAN (SEBUAH STUDI ANALISIS DESKRIPTIF). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI IRFAN MAULANA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Manusia dengan segala kebutuhannya menjadi makhluk yang tidak akan dapat hidup sendirian. Berbagai macam keadaan selalu membutuhkan satu sama lain untuk dapat mencapainya. Sehingga antara individu dengan individu yang lain harus mampu memposisikan dirinya untuk dapat saling membantu satu sama lain. Salah satunya dengan filantropi yang menjadi bentuk kedermawanan antar sesama dalam pemenuhan kebutuhan dan mensejahterakan sesama. Kegiatan filantropi keagamaan yang dilakukan masyarakat di Gang Gunung Karang menjadi bukti nyata bagi kehidupan sosial. Interaksi yang dibangun begitu baik sehingga mampu mempertahankan komitmen untuk saling menebar kebaikan sampai saat ini. Pertalian yang kuat membuat semua mampu menyisihkan sebagian rezekinya sebagai ungkapan rasa syukur atas semua yang diberikan oleh Alloh SWT. Setiap individu mempunyai kewajiban untuk merangkul sesama supaya membuat kebersamaan yang begitu indah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini juga menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Teori yang digunakan ialah filantropi. Hasil penelitian menunjukkan bahwasanya kegiatan filantropi keagamaan yang ada di Gang Gunung Karang dilakukan dari masa pandemic covid-19 sampai saat ini. Kegiatan ini berisikan Pasaran Gawe Bungah, Buka Bersama dan Santunan Anak Yatim Piatu. Semua dana yang ada ialah hasil dari kotak infak yang disediakan dan juga ada donatur yang dengan suka rela menyisihkan hartanya untuk kepentingan bersama. Dalam pelaporan pertanggung jawabannya, semua dilakukan setelah kegiatan berjalan dengan melakukan perincian atas dana yang masuk dan keluar. Hal itu menjadi bentuk transparansi atas semua amanah yang diberikan untuk menggunakan dan membelanjakan sesuai dengan kebutuhannya. Kata Kunci: Masyarakat, Filantropi, Keagamaan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Masyarakat, Filantropi, Keagamaan
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 107 Education, research in philosophy
300 Social sciences > 301 Sociology and anthropology
300 Social sciences > 302 Social interaction
300 Social sciences > 303 Social processes
300 Social sciences > 330 Economics
300 Social sciences > 350 Public administration
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Humaniora
Depositing User: Irfan Maulana sdr
Date Deposited: 12 Jul 2023 02:02
Last Modified: 12 Jul 2023 02:02
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20102

Actions (login required)

View Item View Item