Bismar, Satria Maulana Iqbal (2023) STRATEGI KEMITRAAN MADRASAH DAN PESANTREN PADA PROGRAM TAHFIDZ KITAB KUNING DI MA AL MA’HAD ANNUR NGRUKEM. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.
|
Text
Bismar Satria Maulana Iqbal_Strategi Kemitraan Madrasah dan Pesantren pada Program Tahfidz Kitab Kuning di MA Al Ma’had Annur Ngrukem.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Pendidkan ialah sebuah perjalanan dan pengalaman dalam menuntut ilmu yang berlangsung di lingkungan dan berjalan semasa hidup. Pondok pesantren sendiri bisa dijelaskan sebagai salah satu pendidikan yang bertumpu pada ajaran agama islam yang didalamnya mengajarkan Pendidikan yang mengacu pada akhlak, akidah, fikih kemandirian dan juga tahfidz. bagaimana apabila salah satu pembelajaran kitab kuning yang ada di pondok pesantren diterapkan di lembaga pendidikan formal. Fokus masalah dari penelitian yang ingin peneliti teliti di MA Al-Ma’had Annur Ngrukem yakni tentang bagaimana Strategi kemitraan program tahfidz Kitab itu sendiri diterapkan di madrasah satu kemitraan dan menjadi program unggulan untuk menjujung program tahfidz kitab yang ada pondok pesantren Annur Ngrukem seperti halnya yang sudah di terapkan oleh MA Al-Ma’had Annur Ngrukem dengan pondok pesantren annur ngrukem. Jenis penelitian yang digunakan menggunakan penelitian lapangan (Field-reseach) atau penelitian lapangan dengan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan berbagai data menggunakan gabungan tiga metode, yaitu Metode wawancara, Observasi dan Dokumentasi sedangkan metode analisisnya menggunakan proses analisis melalui model interaktif oleh Miles dan Hubberman, yaitu; reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, teknik uji keabsahan data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwasanya strategi kemitraan madrasah dan pesantren pada program tahfidz kitab kuning di MA Al Ma’had Annur Ngrukem telah berjalan dengan baik. Meliputi (1) Latar belakang program tahfidz kitab kuning, menjelaskan asal mula adanya program tahfidz kitab kuning (2) perencanaan program tahfidz kitab kuning, berupa penetapan program tahfidz kitab kuning dan pencarian guru untuk program tahfidz kitab kuning (3) pelaksanaan program tahfidz kitab kuning, berupa pembagian kelas, kitab yang di pelajari dan model pembelajaran tahfidz kitab kuning (4) strategi kemitraan madrasah dan pesantren pada program tahfidz kitab kuning, yakni berupa strategi yang di lakukan madrasah maupun pesantren agar bisa mengadakan dan mengembangkan program tahfidz kitab kuning di MA Al Ma’had Annur (5) kontribusi dari adanya program tahfidz kitab kuning terhadap madrasah dan peantren (5) evaluasi program tahfidz kitab kuning yakni evaluasi apa saja yang di lakukan madrasah dan pesantren pada program tahfidz kitab kuning.
Actions (login required)
View Item |