MANAJEMEN PEMBELAJARAN AHLUSSUNNAH WAL JAMA’AH (ASWAJA) DI SMA DIPONEGORO 1 PURWOKERTO

Chika Tadzkia Rara, Amalia (2023) MANAJEMEN PEMBELAJARAN AHLUSSUNNAH WAL JAMA’AH (ASWAJA) DI SMA DIPONEGORO 1 PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
CHIKA TADZKIA RARA AMALIA_MANAJEMEN PEMBELAJARAN AHLUSSUNNAH WAL JAMA'AH (ASWAJA) DI SMA DIPONEGORO 1 PURWOKERTO.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Dalam suatu kegiatan pembelajaran akan lebih efektif dengan adanya manajemen. Pentingnya manajemen yaitu sebagai kunci kesuksesan dalam seluruh hal kegiatan termasuk dalam Pendidikan. SMA Diponegoro 1 memiliki salah satu pembelajaran wajib yaitu pembelajaran Ahlussunnah Wal Jama’ah (Aswaja). Kepala SMA dan guru mata pelajaran Aswaja sangat berperan penting dalam pembelajaran Aswaja yang diterapkan di SMA Diponegroro 1 Purwokerto, sehingga dapat menjadikan lulusannya berkualitas baik dan berakhlakul karimah setelah mengikuti pembelajaran Aswaja. Tujuan dari penulisan skripsi ini adalah untuk mengetahui manajemen pembelajaran Ahlussunnah Wal Jama’ah (Aswaja) di SMA Diponegoro 1 Purwokerto. Bentuk penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Objek penelitian ini adalah manajemen pembelajaran Ahlussunnah Wal Jama’ah (Aswaja), subjek penelitiannya yaitu kepala SMA, guru mata pelajaran Aswaja, dan peserta didik. Pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dokumentasi dan trianggulasi. Sedangkan dalam melakukan analisis data, penulis menggunakan metode reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian mengenai manajemen pembelajaran Ahlussunnah Wal Jama’ah (Aswaja) dalam pelaksanaannya sudah berjalan dengan baik dan lancar yaitu dengan adanya perencanaan, pengorganisasian, penggerakkan atau pengarahan, pemantauan dan evaluasi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dalam porsesnya hanya terdapat sedikit perbaikan khususnya dalam fungsi pengorganisasian, untuk melakukan perekrutan guru, agar memudahkan peserta didik untuk mengikuti materi pembelajaran agar tidak ada kekosongan kelas dalam proses pembelajaran dengan hal itu peserta didik dapat menerapkan nilai-nilai pembelajaran Aswaja pada kehidupan sehari-hari dengan baik setelah mengikuti pembelajaran Aswaja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Ahlussunnah Wal Jama’ah (Aswaja), Pembelajaran, Manajemen.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Chika Tadzkia Rara Amalia sdri
Date Deposited: 12 Jul 2023 01:51
Last Modified: 12 Jul 2023 01:51
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20100

Actions (login required)

View Item View Item