STANDAR KOMPETENSI PEKERJA SOSIAL DALAM MELAYANI ORANG DENGAN GANGGUAN JIWA (ODGJ) DI DINAS SOSIAL KABUPATEN BANYUMAS

Almanissa, Milani (2023) STANDAR KOMPETENSI PEKERJA SOSIAL DALAM MELAYANI ORANG DENGAN GANGGUAN JIWA (ODGJ) DI DINAS SOSIAL KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Almanissa Milani_Standar Kompetensi Pekerja Sosial Dalam Melayani Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) Di Dinas Sosial Kabupaten Banyumas.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Dalam melakukan praktik pekerjaan sosial, sebagai Pekerja sosial dituntut untuk memiliki kompetensi dalam melakukan tugas melayani permasalahan sosial yaitu kompetensi dalam melayani orang dengan gangguan jiwa (ODGJ). Sehingga standar kompetensi pekerja sosial dalam melayani ODGJ yang ada di Dinas Sosial Kabupaten Banyumas harus mengakomodasi berbagai kebutuhan ODGJ, mengingat ODGJ memiliki beragam jenis gangguan jiwa yang membutuhkan penanganan yang berbeda-beda. Oleh karena itu, pekerja sosial di Dinas Sosial Banyumas harus memiliki kompetensi yang memadai dalam melayani ODGJ. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi yang dimiliki Pekerja Sosial dalam memberikan pelayanan terhadap Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) yang dilihat dari Pengetahuan, Keterampilan, dan Nilai dan untuk mengetahui pelayanan yang diberikan Pekerja Sosial untuk pasien ODGJ. Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan analisis deksriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi, serta data dari regulasi. Hasil penelitiannya adalah kompetensi yang dimiliki oleh Pekerja Sosial di Dinas Sosial Banyumas yang dilihat dari Pengetahuan, Keterampilan, dan Nilai sudah cukup baik dalam menerapkan kompetensi tersebut dalam melayani orang dengan gangguan jiwa yang sesuai dengan UU dan Permensos dan pelayanan yang diberikan juga cukup memadai. Namun keterampilan dalam memberikan pelayanan, pekerja sosial belum maksimal karena adanya kendala yang dihadapi seperti pekerja sosial menyimpang dalam kompetensi yang dimiliki yaitu membersihkan ruang isolasi, kemampuan dalam memberikan bimbingan spiritual, motivasi tersebut belum diterapkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Kompetensi, Pekerja Sosial, Pelayanan, Gangguan Jiwa
Subjects: 300 Social sciences > 301 Sociology and anthropology
300 Social sciences > 302 Social interaction
300 Social sciences > 303 Social processes
300 Social sciences > 305 Social groups
300 Social sciences > 360 Social services; association
300 Social sciences > 360 Social services; association > 362 Social welfare problems and services
300 Social sciences > 360 Social services; association > 363 Other social problems and services
Divisions: Fakultas Dakwah > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: ALMANISSA MILANI sdri
Date Deposited: 11 Jul 2023 06:34
Last Modified: 11 Jul 2023 06:34
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20098

Actions (login required)

View Item View Item