PENGARUH RELIGIUSITAS, PREFERENSI RISIKO DAN PERSEPSI BAGI HASIL TERHADAP MINAT BERINVESTASI DEPOSITO MUDHARABAH (STUDI PADA NASABAH BANK SYARIAH INDONESIA KCP BEKASI A. YANI)

Artha Deva, Avery (2023) PENGARUH RELIGIUSITAS, PREFERENSI RISIKO DAN PERSEPSI BAGI HASIL TERHADAP MINAT BERINVESTASI DEPOSITO MUDHARABAH (STUDI PADA NASABAH BANK SYARIAH INDONESIA KCP BEKASI A. YANI). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Artha Deva Avery_Pengaruh Religiusitas, Preferensi Risiko dan Persepsi Bagi Hasil Terhadap Minat Berinvestasi Deposito Mudharabah (Studi Pada Nasabah Bank Syariah Indonesia KCP Bekasi A. Yani).pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Perbankan memiliki peran penting yaitu sebagai entitas keuangan yang mampu dan efisien mengumpulkan dan menyalurkan uang dari klien atau masyarakat umum . Terdapat dua jenis perbankan di Indonesia yaitu bank konvensional dan bank syariah. Salah satu produk investasi yang ditawarkan oleh perbankan syariah adalah produk deposito mudharabah. Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi minat berinvestasi deposito mudharabah yaitu religiusitas, preferensi risiko dan persepsi bagi hasil. Penelitian ini membahas mengenai pengaruh religiusitas, preferensi risiko dan persepsi bagi hasil terhadap minat berinvestasi deposito mudharabah pada nasabah BSI Bekasi A. Yani. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh religiusitas, preferensi risiko dan persepsi bagi hasil secara parsial dan simultan terhadap minat berinvestasi deposito mudharabah yang berfokus pada nasabah BSI Bekasi A. Yani. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Data penelitian ini merupakan data primer yang dikumpulkan melalui kuesioner dengan teknik Non-Probability Sampling dengan hasil sampel sebanyak 386 responden yang diperoleh dari perhitungan rumus slovin dengan taraf kesalahan 10%. Teknik analisis data menggunakan uji rank spearman, kendall’s w dan regresi ordinal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari religiusitas terhadap minat berinvestasi deposito mudharabah; terdapat pengaruh yang signifikan dari preferensi risiko terhadap minat berinvestasi deposito mudharabah; terdapat pengaruh yang signifikan dari persepsi bagi hasil terhadap minat berinvestasi deposito mudharabah; terdapat pengaruh secara simultan dan signifikan dari religiusitas, preferensi risiko dan persepsi bagi hasil terhadap minat berinvestasi deposito mudharabah pada nasabah BSI KCP Bekasi A. Yani.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Religiusitas, Preferensi Risiko, Persepsi Bagi Hasil, Minat Berinvestasi
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.1 Bank (Termasuk Kartu kredit, Tabungan, Deposito dll)
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.6 Investasi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Artha Deva Avery sdr
Date Deposited: 11 Jul 2023 06:30
Last Modified: 11 Jul 2023 06:30
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20090

Actions (login required)

View Item View Item