EFEKTIVITAS PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII DI SMP N 9 PURWOKERTO

Liza Dian, Hidayat (2023) EFEKTIVITAS PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII DI SMP N 9 PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
LIZA DIAN HIDAYAT_EFEKTIVITAS PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII DI SMP N 9 PURWOKERTO.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan rendahnya kemampuan representasi matematis siswa di kelas VIII SMP N 9 Purwokerto. Salah satu faktor penyebabnya adalah penggunaan pendekatan pembelajaran yang kurang tepat. Solusi yang dianggap mampu meningkatkan kemampuan representasi matematis adalah menerapkan pembelajaran dengan pendekatan matematika realistik. Pendekatan matematika realistik memberikan kesempatan pada siswa untuk melakukan pemodelan, penggambaran dan penyimbolan yang berhubungan dengan masalah konkrit. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis quasi eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 9 Purwokerto. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII A dengan jumlah 36 siswa dan VIII B dengan jumlah 36 siswa. Analisis data yang digunakan adalah uji-t dan uji N-Gain. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pendekatan matematika realistik efektif terhadap peningkatan kemampuan representasi matematis siswa. Dari hasil uji-t menunjukan pengaruh yang signifikan, kemampuan representasi matamtis siswa kelas eksperimen lebih tinggi. Kemudian hasil uji N-Gain menunjukan kelas eksperimen berada pada kategori sedang dan kelas kontrol termasuk kategori rendah. Dengan demikian kemampuan representasi siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Representasi Matematis, Matematika Realistik, Hasil Penelitian
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: LIZA DIAN HIDAYAT sdr
Date Deposited: 11 Jul 2023 04:07
Last Modified: 11 Jul 2023 04:07
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20083

Actions (login required)

View Item View Item