PENGARUH DAYA TARIK, HARGA, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENGUNJUNG (STUDI KASUS : WISATA KEMIT FOREST EDUCATION DESA KARANGGEDANG KECAMATAN SIDAREJA KABUPATEN CILACAP)

NANIK, FAUZIAH (2023) PENGARUH DAYA TARIK, HARGA, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENGUNJUNG (STUDI KASUS : WISATA KEMIT FOREST EDUCATION DESA KARANGGEDANG KECAMATAN SIDAREJA KABUPATEN CILACAP). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
NANIK FAUZIAH_PENGARUH DAYA TARIK, HARGA, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENGUNJUNG (STUDI KASUS WISATA KEMIT FOREST EDUCATION DESA KARANGGEDANG KECAMATAN SIDAREJA KABUPATEN CILACAP).pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Kemajuan dari industri pariwisata dapat mempengaruhi daya tarik wisatawan yang berkunjung ke suatu daerah. Pemerintah memberikan perhatian yang tinggi terhadap perkembangan pariwisata dengan alasan sektor pariwisata sendiri dapat meningkatkan penerimaan devisa negara. Oleh karena itu, perlu adanya strategi pengembangan pariwisata agar tetap diminati oleh wisatawan dan pada akhirnya wisatawan akan tertarik, sehingga merasa puas atas objek wisata yang telah disediakan. Kepuasan ini yang dapat menjadi kunci utama dari suksesnya atau banyaknya wisatawan yang datang berkunjung. Variabel yang diambil peneliti adalah daya tarik, harga, dan kualitas pelayanan. Daya tarik dapat menjadi tantangan bagi perusahaan untuk lebih mengembangkan objek wisata. Harga harus dibentuk melalui persepsi yang baik bagi pengunjung agar dapat menjadi minat beli dan kepuasan pengunjung dalam membeli suatu produk. Kualitas pelayanan dapat menjadi salah satu hal yang penting untuk diperhatikan dalam suatu usaha karena tanpa adanya kualitas pelayanan yang bagus, maka usaha tersebut tidak akan berkembang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui pengaruh daya tarik, harga, dan kualitas pelayanan baik secara parsial maupun simultan di Wisata Kemit Forest Education Desa Karanggedang Kecamatan Sidareja Kabupaten Cilacap. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, dengan jumlah sampel sebanyak 75 responden di Wisata Kemit Forest Education. Teknik pengambilan sampel menggunakan nonprobability sampling dengan menggunakan tipe incidental sampling. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu regresi linear berganda. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel daya tarik secara parsial tidak berpengaruh terhadap kepuasan pengunjung Wisata Kemit Forest Education, sedangkan variabel harga dan kualitas pelayanan secara parsial berpengaruh terhadap kepuasan pengunjung Wisata Kemit Forest Education. Kemudian secara simultan daya tarik, harga, dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pengunjung Wisata Kemit Forest Education. Kata Kunci: Daya Tarik, Harga, Kualitas Pelayanan, dan Kepuasan Pengunjung

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Daya Tarik, Harga, Kualitas Pelayanan, dan Kepuasan Pengunjung
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Nanik Fauziah sdri
Date Deposited: 11 Jul 2023 02:40
Last Modified: 11 Jul 2023 02:40
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20079

Actions (login required)

View Item View Item