Analisis Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Minat Nasabah Non Muslim Menjadi Nasabah Di Bank Syariah (Studi Pada BPRS Gunung Slamet Cilacap)

Rina Endah, Stiyowati (2023) Analisis Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Minat Nasabah Non Muslim Menjadi Nasabah Di Bank Syariah (Studi Pada BPRS Gunung Slamet Cilacap). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Rina Endah Stiyowati_Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Nasabah Non Muslim Menjadi Nasabah Di Bank Syariah.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Perbankan syariah merupakan alternative dari sitem perbankan konvensional yang di harapkan dapat menggerakan sector rill (moneter based economy), oleh karena itu bank syariah memerlukan pengaturan khusus. Aturan itu harus dapat menampung berbagai kepentingan tidak hanya untuk umat Islam melainkan mencakup non Muslim juga. Faktor-faktor yang mempengaruhi minat masyarakat dalam menggunakan jasa perbankan di antaranya konsumsi, pendapatan, produk atau jenis tabungan, lokasi, pelayanan, kesadaran masyarakat dan promosi yang didalamnya juga terdapat faktor religious stimuli yang merupakan faktor pengetahuan dan pengalaman keberagaman yang mendorong seseorang untuk melakukan sesuatu tindakan ekonomi. Adapun faktor lain yang dapat mempengaruhi minat menjadi nasabah pada sebuah bank yaitu repitulasi. Karena sesuatu bank yang memiliki repitulasi yang baik akan lebih dipercayai oleh nasabahnya. Pengaplikasian sistem profit sharing juga menjadi faktor yang mempengaruhi nasabah untuk menggunakan jasa perbankan syariah. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan karena data yang diperoleh berasal dari pengamatan lansung pada nasabah non muslim yang ada pada BPRS Gunung Slamet Cilacap. Sumber data yang peneliti dapatkan berasal dari data primer dan data sekunder. Adapun teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode angket, wawancara, dokumentasi, dan observasi. Dalam penelitian ini terdapat dua variabel yaitu variabel independen (X) yang terdiri dari lokasi, pelayanan, religious stimuli, repitulasi, profit sharing dan promosi. Sedangkan variabel depandennya (Y) yaitu minat nasabah Hasil penelitian yang dilakukan pada nasabah non muslim yang ada pada BPRS Gunung Slamet Cilacap bahwa variabel lokasi dan profit sharing berpengaruh secara signifikan terhadap minat nasabah BPRS Gunung Slamet Cilacap. Sedangkan variabel pelayanan, religious stimuli, repitulasi dan promosi tak terdapat pengaruh secara signifikan terhadap minat non muslim pada nasabah BPRS Gunung Slamet Cilacap.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Analisis faktor, minat dan nasabah non muslim
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.1 Bank (Termasuk Kartu kredit, Tabungan, Deposito dll)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Sdri Rina Endah Stiyowati
Date Deposited: 11 Jul 2023 02:32
Last Modified: 11 Jul 2023 02:32
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20072

Actions (login required)

View Item View Item