LUTFIYAH, NURZAITUN (2023) IMPLIKASI KOMPETENSI PERSONAL GURU PAI TERHADAP METODE PEMBENTUKAN AKHLAK SISWA DI SMA DIPONEGORO 1 PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.
|
Text
2023-06-20 Skripsi Lutfiyah Nurzaitun.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Realitas sosial-kependidikan ini menunjukan rapuhnya akhlak dari sistem pendidikan di Indonesia. Masalah akhlak seolah-olah menjadi kemutlakan guru agama Islam. Melalui kompetensi personalnya, guru PAI melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya dalam proses pembentukan akhlak siswa. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kompetensi personal guru PAI dan metode pembentukan akhlak siswa serta menganalisis kompetensi personal guru PAI terhadap metode pembentukan akhlak siswa di SMA Diponegoro 1 Purwokerto. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan termasuk penelitian studi kasus. Hasil penelitian ini yaitu: (1) Kompetensi personal guru PAI secara umum yaitu memiliki pribadi yang mantap dan konsisten, dewasa dan tanggungjawab, arif dan bijaksana, wibawa dan kode etik, teladan dan akhlak mulia. Guru PAI menerapkan kompetensi personalnya terhadap pembentukan akhlak siswa dalam kegiatan intrakurikuler dan kegiatan ekstrakurikuler. (2) Dalam upaya membentuk siswa yang berakhlak mulia, guru menerapkan lima metode Pendidikan akhlak yang meliputi metode keteladanan, metode pembiasaan, metode nasehat/ dialog, metode penghargaan, dan metode hukuman. (3) Implikasi kompetensi personal guru PAI terhadap metode pembentukan akhlak siswa di SMA Diponegoro 1 Purwokerto dirasa belum kuat. Selain itu, siswa menjadi kurang diperhatikan serta berdampak pada kelalaian dan kemalasan siswa. Beberapa factor yang mempengaruhi pembentukan akhlak siswa diantaranya faktor internal dan factor eksternal. Kompetensi guru PAI sebagai salah satu factor eksternal yang mempengaruhi proses pembentukan akhlak siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kompetensi Personal, Guru PAI, Metode Pembentukan Akhlak Siswa |
Subjects: | 2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak > 2x5.11 Akhlak berdasarkan naqli 2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak > 2x5.12 Akhlak berdasarkan aqli 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan 300 Social sciences > 370 Education > 373 Secondary education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Lutfiyah Nurzaitun |
Date Deposited: | 10 Jul 2023 03:30 |
Last Modified: | 10 Jul 2023 03:30 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20065 |
Actions (login required)
View Item |