STRATEGI KREATIF SANTRI DALAM PRODUKSI FILM (STUDI KASUS FILM “WAHAI ASAD” PONDOK PESANTREN AL-IMAN BULUS PURWOREJO)

Kamilatus, Sa'adah (2023) STRATEGI KREATIF SANTRI DALAM PRODUKSI FILM (STUDI KASUS FILM “WAHAI ASAD” PONDOK PESANTREN AL-IMAN BULUS PURWOREJO). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
KAMILATUS SA'ADAH_Strategi Kreatif Santri dalam Produksi Film (Studi Kasus Film Wahai Asad Pondok Pesantren Al-Iman Bulus Purworejo).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Film yang semula hanya dapat ditonton di layar bioskop, kini dapat dinikmati masyarakat melalui berbagai platform video salah satunya Youtube. Youtube merupakan media yang mudah digunakan dan banyak di akses oleh masyarakat. Untuk menjangkau target viewers mengingat meningkatnya minat publik terhadap media baru, maka pembuat film harus menjadi lebih kreatif dan inovatif. Penelitian ini meneliti strategi kreatif dalam produksi film “Wahai Asad”. Sisi menarik dari film tersebut yakni diproduksi langsung oleh santri dan mengangkat tema tentang budaya pesantren disajikan dengan kemasan yang berbeda. Penelitian ini menggunakan konsep The Four P’s Creativity dari Mell Rhodes yang memaparkan 4 dimensi susunan terciptanya kreativitas yaitu person, press, process, dan product didukung teori proses Manajemen Strategi dari Fred R.David yang mengemukakan terdapat 3 proses strategi yaitu formulasi, implementasi, dan evaluasi. Metodologi penelitian yang digunakan yaitu studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi kreatif dalam produksi film “Wahai Asad” mencakup 4 dimensi konsep kreatif Mell Rhodes yaitu person, process, press, dan product. Brainstorming, riset, dan pembuatan naskah merupakan proses penting dalam formulasi strategi yang kemudian diimplementasikan dalam adegan dialog yang meliputi skenario, artisitik, sinematografi, dan musik. Para konten kreator sangat memerlukan strategi kreatif dalam proses produksi kontennya. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan referensi penelitian kedepannya terkait strategi kreatif pada konten media.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Kreatif, Produksi Film, Film ”Wahai Asad”.
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.7 Kesenian dan Kebudayaan
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.7 Kesenian dan Kebudayaan > 2x6.79 Seni Drama, Sinetron, Film
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah > 2x7.24 Metode, Media dan Sarana Dakwah
700 The arts > 790 Recreational and performing arts > 791 Public performances > 791.4 Film, Radio, Televisi
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Kamilatus Sa'adah
Date Deposited: 10 Jul 2023 03:22
Last Modified: 10 Jul 2023 03:22
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20062

Actions (login required)

View Item View Item