Kontrol Diri dalam Mengatasi Perilaku Konsumerisme Santri Pondok Pesantren Modern El Fira 4 Purwokerto

Intan, Nurlatifah (2023) Kontrol Diri dalam Mengatasi Perilaku Konsumerisme Santri Pondok Pesantren Modern El Fira 4 Purwokerto. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
INTAN NURLATIFAH_KONTROL DIRI DALAM MENGATASI PERILAKU KONSUMERISME SANTRI PONDOK PESANTREN MODERN EL FIRA 4 PURWOKERTO.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kontrol diri merupakan kemampuan individu untuk dapat mengendalikan tingkah laku, menahan diri atau tidak memperlihatkan perasaan seseorang, seperti memperlihatkan atau mengendalikan diri untuk tidak marah dan sebagainya. Dalam penelitian ini kontrol diri yang dimaksud adalah bagaimana cara individu untuk mampu mengelola tingkah lakunya supaya sesuai dengan karakter santri yang sesuai dengan syariat Islam. Dan yang diharapkan juga individu atau santri itu sendiri mampu mengontrol dirinya supaya bisa hidup selayaknya dan sesederhana mungkin di pondok pesantren. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kontrol diri yang dilakukan santri untuk mengatasi perilaku konsumerisme santri di Pondok Pesantren El Fira 4, Purwokerto. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah 5 santri Pondok Pesantren El Fira 4 Purwokerto yang menerapkan kontrol diri untuk mengatasi perilaku konsumerisme santri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kontrol diri meliputi 3 aspek yang dilakukan oleh Santri Pondok Pesantren Modern El Fira 4 Purwokerto dalam mengatasi perilaku konsumerismenya yaitu kontrol perilaku, kontrol kognitif, dan kontrol mengambil keputusan. Upaya untuk mengontrol perilakunya adalah dengan menahan diri untuk tidak menuruti segala keinginannya dan berusaha memprioritaskan kebutuhan yang penting bagi dirinya. Selanjutnya melalui kontrol kognitif yaitu dengan menjadikan peristiwa agar terhindar dari perilaku konsumerisme dengan cara mengambil manfaat dari yang telah dilakukan dan menjadikannya pelajaran untuk memperbaiki diri. Kemudian upaya kontrol diri melalui kemampuan mengontrol keputusan yaitu dengan cara mempertanggungjawabkan tindakan yang telah diambil dan mempunyai solusi atas setiap perilaku dan subjek selalu dapat menyelaraskan antara hal yang diinginkan dan dibutuhkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kontrol Diri, Perilaku Konsumerisme
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 103 Dictionaries of philosophy
300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Intan Nurlatifah
Date Deposited: 11 Jul 2023 04:03
Last Modified: 11 Jul 2023 04:03
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20058

Actions (login required)

View Item View Item