GUGATAN SENGKETA WANPRESTASI YANG DIKABULKAN SEBAGIAN PADA PEMBIAYAAN IJA>RAH MULTIJASA PERSPEKTIF FATWA DSN MUI NOMOR: 17/DSN-MUI/IX/2000 (Studi Analisis Putusan Nomor 010/Pdt.GS/PAPbg)

nisfa, aulia (2023) GUGATAN SENGKETA WANPRESTASI YANG DIKABULKAN SEBAGIAN PADA PEMBIAYAAN IJA>RAH MULTIJASA PERSPEKTIF FATWA DSN MUI NOMOR: 17/DSN-MUI/IX/2000 (Studi Analisis Putusan Nomor 010/Pdt.GS/PAPbg). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
NISFA AULIA_GUGATAN SENGKETA WANPRESTASI YANG DIKABULKAN SEBAGIAN PADA PEMBIAYAAN IJARAH MULTIJASA PERSPEKTIF FATWA DSN NO 17 DSN-MUI IX 2000 (Studi analisis putusan Nomor 010 Pdt.GS 2020 PA.Pbg.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Gugatan perbankan syariah disebabkan antara lain oleh nasabah yang melakukan wanprestasi dikarenakan tidak bisa membayar angsuran sesuai waktu yang sudah ditentukan. Pengadilan Agama Purbalingga menangani permasalahan tersebut yaitu pada putusan Nomor 010/Pdt.GS/2020/PA.Pbg yang melibatkan 2 nasabah (para tergugat) dan KSPPS BMT Mentari Bumi Purbalingga (penggugat). Hakim memutuskan mengabulkan gugatan penggugat sebagian dan menolak selebihnya tentang sanksi denda keterlambatan dan biaya kunjungan. Melihat para tergugat sudah 14x tidak membayar angsuran dianggap seorang yang sudah tidak mampu. Namun, adanya ketidak sesuaian dengan fatwa DSN No:17/DSN-MUI/IX/2000 dikarenakan hakim menolak gugatan penggugat hanya melihat berdasarkan para tergugat sudah 14x tidak membayar dan tidak melihat apakah para tergugat sedang mengalami force majeur atau keadaan lain. Penelitian ini akan menganalisis bagaimana pertimbangan hakim dalam memutus perkara ini.Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kepustakaan yaitu penelitian yang fokus pada objek penelitian berupa Putusan Pengadilan Agama Purbalingga Nomor 010/Pdt.GS/2020/PA.Pbg. Adapun pendekatan penelitian yang penulis gunakan adalah pendekatan yuridis normatif, yakni penelitian yang di fokuskan untuk mengkaji penerapan kaidah-kaidah atau norma-norma dalam hukum positif. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi, dokumentasi, wawancara. Sumber data primer yang digunakan yaitu salinan putusan Pengadilan Agama Purbalingga Nomor 010/Pdt.GS/2020/PA.Pbg.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pertimbangan hakim dalam memutus perkara menyatakan gugatan penggugat dikabulkan sebagian karena didalam gugatan tersebut tentang sanksi denda keterlambatan dan biaya kunjungan wajib ditolak. Berdasarkan keyakinan hakim dengan melihat fakta dan bukti dipersidangan para tergugat sudah 14x tidak membayar angsuran dan dianggap seorang yang sudah tidak mampu membayar. Hakim mempertimbangkan bahwa sanksi denda keterlambatan dan biaya kunjungan sudah termasuk kedalam ujrah 32% yang mana ujrah disamakan dengan bunga yang dinilai terlalu tinggi dan mencedrai rasa keadilan bagi orang yang sudah tidak mampu. Hakim mempertimbangkan untuk biaya ujrah yang tidak ditolak melihat pada pasal 1767 KUHPerdata yang mana besaran bunga menurut isi perjanjian boleh melebihi besaran menurut Undang-Undang. Hakim memutus perkara ini sudah sesuai dengan aturan yang berlaku. Namun, dalam pertimbangannya hakim tidak memakai pedoman fatwa DSN No: 17/DSN-MUI/IX/2000 sebagai dasar hukumnya, yang mana nasabah yang boleh dibebaskan dari sanksi denda keterlambatan hanya nasabah yang mengalami force majeur. Maka hal itu hakim dalam pertimbangannya hanya melihat para tergugat yang sudah 14x tidak membayar dianggap seorang yang tidak mampu dan tidak boleh dibebankan lagi oleh sanksi denda keterlambatan dan biaya kunjungan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Wanprestasi, Akad Ija>rah Multijasa, Fatwa DSN MUI NO: 17/DSN/MUI/IX/2000.
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah
2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.28 Perbandingan Hukum Bidang Muamalat dan Hukum Lain
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Nisfa aulia sdri
Date Deposited: 07 Jul 2023 07:39
Last Modified: 07 Jul 2023 07:39
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20053

Actions (login required)

View Item View Item