MANAJEMEN KELAS INKLUSI DI PAUD TERPADU PUTRA HARAPAN PURWOKERTO KABUPATEN BANYUMAS

Sri, Wachjuningsih (2023) MANAJEMEN KELAS INKLUSI DI PAUD TERPADU PUTRA HARAPAN PURWOKERTO KABUPATEN BANYUMAS. Masters thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
TESIS SRI-WACHJUNINGSIH -214120500007.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Anak adalah salah satu anugerah terindah yang Alloh SWT titipkan kepada orang tua. Namun tidak semua anak lahir sempurna, ada sebagian anak yang mengalami hambatan / gangguan dalam pertumbuhan dan perkembangan nya. Masih banyak pihak yang masih memandang rendah keberadaan Anak Berkebutuhan Khusus ( ABK ), serta kurang nya pengetahuan mereka tentang pendidikan inklusi. Penelitian dilatar belakangi Undang-Undang Dasar 1945 pasal 32 ayat 1 yang menyebutkan bahwa setiap warga negara berhak memperoleh pendidikan, serta UU Nomor 20 tahun 2003 pasal 32 ayat (1) menyebutkan bahwa “Pendidikan khusus merupakan pendidikan bagi peserta didik yang memiliki tingkat kesulitan dalam mengikuti proses pembelajaran karena kelainan fisik, emosional, mental, sosial, dan atau memiliki potensi kecerdasan dan bakan istimewa”. Pendidikan khusus bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik secara optimal sesuai dengan kemampuannya. Oleh karenanya dibutuhkan sebuah manajemen kelas inklusi yang baik yang mampu mengakomodir kebutuhan belajar ABK. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana perencanan, pengorganisasian, pelaksanaan, evaluasi serta tindak lanjut dari kelas inklusi di PAUD Terpadu Putra Harapan Purwokerto Kabupaten Banyumas. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dilaksanakan pada PAUD Terpadu Putra Harapan Purwokerto Kabupaten Banyumas. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan sebagai berikut : 1) Telah dilakukan manajemen pendidikan inklusi yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengevaluasian terhadap komponen : Perekrutan siswa, manajemen sarana Prasarana, manajemen sumber daya manusia, pembelajaran inklusif, asesmen dan pelaporan, program pendukung, ,hubungan dengan masyarakat, 2) tindak lanjut program inklusi sudah dilakukan oleh dari satuan pendidikan PAUD Terpadu Putra Harapan dengan adanya pendidikan inklusi pada jenjang SD, SMP dan SMA .

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Kelas Inklusif, ABK, PAUD
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3302 Administrasi dan Manajemen
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: SRI WACHJUNINGSIH sdri
Date Deposited: 07 Jul 2023 07:27
Last Modified: 07 Jul 2023 07:27
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20052

Actions (login required)

View Item View Item