IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MAN 1 BANYUMAS

Triyana Kusuma, Wardany (2023) IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MAN 1 BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Triyana Kusuma Wardany_Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MAN 1 Banyumas.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Sebuah pengembangan pendidikan yang menjadikan hal baru dalam meningkatkan pendidikan secara mandiri untuk memperoleh peningkatan kualitas karakter peserta didik, dengan adanya pergantian sebuah perencanaan proses pembelajaran yang baru yaitu kurikulum merdeka belajar. Kurikulum merdeka belajar secara bertahap perlu adanya penyempurnaan dari kurikulum sebelumnya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui langkah-langkah pembelajaran kurikulum merdeka belajar pada mata pelajaran Akidah Akhlak dan faktor pedukung serta faktor penghambat kurikulum merdeka belajar pada mata pelajaran Akidah Akhlak. Penelitian ini menggunakan metode peneliatan lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi, serta teknik analisis data menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Lokasi yang diteliti yaitu MAN 1 Banyumas Kecamatan Purwokerto Timur Kabupaten Banyumas. Dengan subjek penelitian meliputi, Kepala Madrasah, Wakil Kepala Kurikulum, dan Guru Akidah Akhlak kelas X. Hasil penelitian Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MAN 1 Banyumas yaitu pertama, pada tahap perencanaan guru perlu memilih media belajar yang tepat dan maksimal untuk peserta didik sesuai ketersediaan sarana dan prasarana madrasah. Kedua, tahap pelakasanaan pembelajaran kurikulum merdeka belajar guru belum melaksanakan projek P5 dan PPRA, kemudian media pembelajaran yang sudah disediakan oleh madrasah digunakan dengan baik, seperti pembelajaran materi menggunakan LCD Proyektor serta menggunakan media belajar yang aplikatif sesuai dengan perkembangan zaman. Ketiga, tahap evaluasi pembelajaran dalam penilaian belum maksimal dan juga tentunya belum ada penilaian projek P5 dan PPRA karena pada pelaksanaan pembelajaran P5 dan PPRA belum terlaksana. Kata Kunci: Kurikulum Merdeka Belajar, Mata Pelajaran Akidah Akhlak

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Kurikulum Merdeka Belajar, Mata Pelajaran Akidah Akhlak
Subjects: 2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3309 Kurikulum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Triyana Triyana Wardany sdri
Date Deposited: 07 Jul 2023 07:25
Last Modified: 07 Jul 2023 07:25
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20049

Actions (login required)

View Item View Item