MANAJEMEN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI BERBASIS PADA PROGRAM LAYANAN HOLISTIK INTEGRATIF DI KELOMPOK BERMAIN AL-FAIDAH

Ngesti, Kristiwati (2023) MANAJEMEN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI BERBASIS PADA PROGRAM LAYANAN HOLISTIK INTEGRATIF DI KELOMPOK BERMAIN AL-FAIDAH. Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI PROFESOR KIAI HAJI SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
tesis ngesti lengkap revisi.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Pendidikan Anak Usia Dini Holistik Integratif, sebagai bentuk komitmen dalam menjamin terpenuhinya hak tumbuh kembang anak usia dini dalam hal pendidikan, kesehatan, gizi, perawatan, pengasuhan, serta perlindungan dan kesejahteraan anak. Pelaksanaan PAUD Holistik Integratif dilakukan secara simultan, sistematis, menyeluruh, terintegrasi dan berkesinambungan untuk mendukung tumbuh kembang yang optimal demi mewujudkan anak yang sehat, cerdas, dan berkarakter sebagai generasi masa depan yang berkualitas dan kompetitif tentunya tidak terlepas dari konsep kepemimpinan seorang kepala sekolah. Kepala sekolah harus mempunyai langkah-langkah manajemen yang sistematis terkait dengan program layanan Holistik Integratif. Penelitian ini bertujuan untuk Mendeskripsikan dan menganalisis Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini Berbasi Pada Program Layanan Holistik Integratif Di Kelompok Bermain Al-Faidah Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif karena penelitiannya dilakukan pada kondisi yang alamiah. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, yang berarti penulis melakukan penelitian di lapangan untuk memperoleh data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari pelaku yang dapat diamati dan/atau informasi secara langsung dengan mengunjungi lokasi yang berada di Kelompok Bermain Al-Faidah. Adapun Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen PAUD berbasis pada program layanan holistik integratif di Kelompok Bermain Al-Faidah oleh kepala sekolah sudah menerapkan program layanan holistik integratif sesuai dengan fungsi-fungsi manajemen berdasarkan tahapannya. Indikator keberhasilan dilihat dari perencanaan program holistik integratif melalui tiga proses perencanaan adalah pengamatan lingkungan, perumusan visi misi dan tujuan lembaga, serta perumusan strategi dalam bentuk program holistik integratif. Pengorganisasian melalui mendesain struktur organisasi lembaga, mendesain pekerjaan, membentuk tim kerja dan menjalin kerja sama sosial dengan masyarakat dalam program holistik integratif. Pelaksanaan melalui melaksanakan 10 komponen yang ada dalam perencanaan. Pengawasan melalui menyusun instrumen untuk memastikan keberhasilan program holistik integratif Kata kunci: Manajemen PAUD, Holistik Integratif

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 000 Generalities > 001 Knowledge > 001.4 Riset
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ngesti Kristiwati
Date Deposited: 29 Jul 2023 01:19
Last Modified: 29 Jul 2023 01:19
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20037

Actions (login required)

View Item View Item